4 Hal yangTanpa Disadari Bisa Membuat Anda Miskin

hal yang membuat miskin

Dalam filsafat sebenarnya tak ada miskin dan tak ada kaya. Ukuran miskin adalah kaya, dan ukuran kaya adalah miskin. Kita tidak mungkin mengklaim ada miskin, jika sebelumnya tak mengetahui adanya kaya.

Demikian pula sebaliknya. Persis sama dengan logika standar disebut kaya dan standar disebut miskin.

Ada baiknya kita garis bawahi terlebih dahulu bahwa miskin adalah kesulitan hidup secara materi. Karena yang akan kita bagikan kepada pembaca kali ini adalah hal yang membuat Anda miskin.

Artinya, jika perbuatan yang disebutkan kerap dilakukan, maka kemiskinan dipastikan akan menghampiri. (baca: kisah sopir tua)

Siapa yang tak ingin kaya, kebutuhan material tercukupi. Kaya menjadi hal yang dicari-cari oleh banyak orang. Bahkan beberapa orang rela bekerja siang dan malam sampai mengorbankan waktu berharga bersama keluarga.

Penyebab Kemiskinan

Bagi penulis kerja keras dan tawakkal penting untuk meraih kesuksesan dalam bentuk kekayaan, tapi tak salah jika mengetahui hal yang kadang tanpa disadari bisa membuat Anda miskin.

Pertama, gaya hidup yang boros. Besar pasak daripada tiang, demikian ungkapan pepatah. Boros juga dilabelkan pada orang yang suka mengeluarkan duit kepada hal yang tidak terlalu penting, hal sekunder dan mengabaikan hal primer.

Opini Terkait
1 daripada 302

Sadar atau tidak, gaya hidup boros seringkali menjadi standar hidup seseorang. Entah jika hal itu sudah menjadi sifat, atau dia ingin disebut orang berduit. Jika seseorang memiliki gaya hidup boros, kelak kemiskinan akan menimpa Anda cepat atau lambat.

Kedua, jarang berinvestasi. Menabung kini tidak cukup. Perlu hal yang lebih berani lagi, yaitu investasi. Jaman yang makin menantang mengharuskan setiap manusia memiliki investasi untuk masa depan, baik berupa tunai maupun barang berharga.

Menabung saja sudah tidak cukup karena ketika menabung, uang Anda terancam tergerus oleh inflasi yang semakin tidak stabil dari hari ke hari.

Alasan itulah yang menjadi sebab berinvestasi itu penting agar bisa terhindar dari kemiskinan. Sebenarnya berinvestasi itu mudah, investasi bukanlah kegiatan orang kaya. Investasi semakin mudah dari jaman-jaman dan semakin terbuka bagi orang kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Investasi bisa berupa emas, reksadana, asuransi, saham, dan masih banyak pilihan lainnya.

Cobalah berinvestasi sesuai dengan kemampuan kita. Investasi yang paling menjanjikan adalah tanah. Cobalah berinvestasi dengan membeli tanah, lahan sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Dengan berinvestasi, insya Allah kemiskinan akan menjauh dari Anda.

Ketiga, jauhi hutang. Saya selalu bingung jika melihat orang yang kesel ketika dibilang sedang berhutang dengan seseorang tetapi tersenyum ketika dibilang kredit, padahal intinya sama. Kredit atau hutang sangat tidak dianjurkan karena sifatnya mengikat pengutang. Hindari hutang, jika tak ingin kemiskinan mendekati Anda. (baca: belajar mengenal kebahagiaan)

Keempat, biasakan hidup dengan mengeluarkan uang yang sepadan. Jika Anda merasa uang Anda dari waktu ke waktu terus habis tanpa alasan yang jelas, maka mulai waspada karena kemiskinan akan menghampiri.

Itulah 4 hal yang akan membuat orang jadi miskin. Hindari hal itu, dan mari menjadi kaya. Jika Anda lahir miskin, itu bukan kesalahan Anda. Jika Anda mati dalam keadaan miskin, itu kesalahan Anda.

Komentar
Loading...