Alasan Kenapa Wanita Mesti Memakai Jilbab

Celoteh saya ini akan mengutarakan jawaban pertanyaan, “kenapa wanita mesti menutup aurat, atau kenapa wanita mesti memakai jilbab?.” Alasan kenapa wanita mesti memakai jilbab, eloknya diperkenalkan satu demi satu, untuk menghindari kesan memberatkan pada muslimah, meski bagi sebagian wanita, alasan memakai jilbab sebagai suatu keharusan memang tidaklah memberatkan.

Seperti telah disebutkan dalam banyak narasi dan ayat-ayat dari al-Quran, bahwa hukum memakai jilbab bagi wanita adalah fardhu atau wajib. Dan semua hal yang diwajibkan, dan ketika melanggar kewajiban itu, di dalamnya ada keburukan yang bisa saja tidak diketahui. Meski banyak hal, sudah ditemukan keburukan dari sebuah larangan seperti larangan memakan babi karena mengandung unsur cacing pita, bukan berarti halal ketika bisa membunuh cacing pita itu. Karena, jumlah hikmah dari suatu pelarangan tidak terbatas.

Dari sisi peradaban, pemakaian pakaian dalah langkah maju dari peradaban sebelumnya. Bahwa peradaban adalah siklus berulang adalah teori rasional, karena semakin maju perjalanan waktu, maka peradaban akan semakin mundur. Untuk mengukur dari sisi pakaian, maka semakin lama pakaian akan semakin tipis, dan kelak manusia akan kembali tidak mengenakan apa-apa.

Sejarah masa lalu membuktikan bagaimana manusia telanjang dan diakatakan tidak beradab. Kehadiran Islam dengan pemakaian Jilbab bagi wanita adalah jawaban atas keterbelakangan sejarah. Paling tidak, wanita sejak dahulu lebih memiliki pakaian yang lebih luas dan lebar dari laki-laki.

Opini Terkait
1 daripada 40

Dari sudut pandang filosofis dan sosial, menutup aurat adalah hal yang pertama dan utama membedakan manusia dengan binatang meski sama-sama makhluk biologis. Jika perbedaan manusia adalah kesadaran, maka pakaian yang menutup aurat adalah bentuk kesadaran manusia yang berbeda dengan binatang, sebab tidak ada satu jenis hewan pun yang sempat punya kesadaran untuk berpakaian.

kenapa wanita harus mengenakan jilbab
Ilustrasi

Dari sudut pandang ekonomi, adalah keliru ketika memakai jilbab merupakan pemborosan berlebihan atas pakaian. Jika lebih realistis, justru dengan menutup aurat, maka pengeluaran dari sisi pandang ekonomi akan semakin berkurang. Terlepas dari sudut kelemahan “menyembunyikan sesuatu” di balik pemakaian jilbab. Karena dengan memakai jilbab ada beberapa titik assesories wanita yang tidak terlihat, dan otomatis usaha untuk membeli hal itu berkurang.

Opini singkat ini tentu tidak bisa mengutarakan semua hal kemestian wanita menutup aurat dan memakai jilbab. Masih banyak hal lain yang bisa menjadi jawaban atas hal itu, seperti dari sisi life style, kesehatan, dan sisi lainya. Dan hal terpenting, jawaban banyak ditemukan dari mereka yang telah mencobanya.

Loading...