Andai Khabib Nurmagomedov Tinggal di Indonesia

Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov tinggal di Indonesia tentu hanya angan dan andai andai belaka. Faktanya, petarung yang mendapat dukungan dari Mike Tyson dan Ronaldo ini tinggal di Makhachkala, Dagestan, Rusia.

Tak bisa dipungkiri, nama Khabib Nurmagomedov makin melejit karena dia seorang muslim. Menjadi jawara UFC dengan rekor pertarungan yang fantastis, 29 kali tarung tanpa kalah, bukanlah hal mudah.

Sepertinya, publik tidak bisa lagi menyaksikan kehebatan Khabib di laga UFC dan sejenisnya. Pertandingan terakhirnya, melawan Justin Gaethje di Abu Dabi, Uni Emirat Arab, pada Minggu (25/10/2020), yang tentunya berakhir dengan kemenangan untuk Khabib, menjadi penutup sesuai janjinya pada ibunda, bahwa setelah laga yang ke 29 itu,  ia akan pensiun dari Oktagon yang telah membesarkan namanya.

Khabib Nurmagomedov adalah seorang muslim yang taat. Ini terbukti, saat dia diprovokasi Mc Gregor untuk meneguk minuman keras, namun Khabib dengan sopan menjawab, “Saya seorang muslim, saya tidak minum alkohol.”

Bukan hanya sampai di situ, Khabib dikenal sebagai seorang muslim yang taat beribadah, kepahaman agamanya pun cukup baik.  Adab-adab kesehariannya menerapkan sunnah Rasulullah saw. Istrinya menggunakan niqab, dan saat dia ditanya mengenai hal itu, Khabib berkata, “Istri saya bukanlah konsumsi publik, cukup saya saja yang memandangnya. Saya sangat menghargainya.”

Opini Terkait
1 daripada 304

Andai Khabib Nurmagomedov tinggal di Indonesia, saya khawatir dia akan dinilai radikal oleh orang yang menilai radikalis dari sisi penampilan semata. Banyak bintang olahraga ternama yang beragama islam, tapi beragam dengan menjalankan syariat secara kaffah tidaklah mudah bagi mereka.

Untung Khabib Nurmagomedov tidak tinggal di Indonesia, karena kalau iya, dengan mudah orang menyangka dia adalah keturunan Rasulullah saw. Seperti diketahui, keturunan Rasulullah saw, diberi gelar Habib (tanpa huruf K). Tapi itulah sisi kebiasaan buruk kita, cepat momvonis tanpa memahami terlebih dahulu.

Habib adalah gelar bagi keturunan Rasulullah saw, sedangkan Khabib adalah murni dama depan Nurmagomedov. Gus Nadirsyah Husen berkelakar, “ya sudah, namanya jadi KH Abib Nurmagomedov saja.”

Andai Khabib Nurmagomedov tinggal di Indonesia, saya khawatir saat istrinya pergi ke mall atau belanja di tukang sayur keliling, ibu-ibu kompleks pada manyun. Dikatain ninja lah, sok suci lah, ke arab-araban lah, macam macam. Itulah kesalahan berpikir sebagian masyarakat kita yang menilai radikalis dalam tampilan fisik.

Tapi ada nilai positif juga pastinya, karena Andai Khabib Nurmagomedov tinggal di Indonesia, muslim Indonesia pecinta dan penikmat olahraga pasti bangga. Jumlah rakyat yang hampir 200 juta terlalu banyak untuk yel yel pada cabang bulu tangkis saja.

Untung Khabib Nurmagomedov tinggal di Rusia!

Komentar
Loading...