Arti Kata Sengkang dari Berbagai Sumber

0 29

Arti kata Sengkang— Sengkang, kata yang bercorak bugis, secara umum terdengar asing, namun mudah dilafalkan. Sengkang adalah ibukota Kabupaten Wajo. Kabupaten beriklim tropis, menyimpan sejarah unik, dengan semboyan: “Maradeka To Wajoe, Najajiang Alena Maradeka, Adek Assimaturusennami na Popuang”. Artinya : orang wajo merdeka sejak dilahirkan, hanya mereka abadi, rakyat semuanya merdeka, hanya hukum yang disetujui bersama yang dipertuan”.

Ilustrasi lambang Kabupaten Wajo
Sumber: tomaradeka.org

Apa arti kata Sengkang ?. Pertanyaan kreatif, apalagi dengan niat menggali khazanah makna dari sisi etimologi sejarah, terkait dengan kultur dan kondisi masyarakat.

Dalam berbagai literatur, penulis mendapatkan arti kata Sengkang sangat beragam. Pemaknaan beragam tersebut, dipengaruhi oleh latar belakang sejarah, sumber sejarah, filsafat sejarah, kondisi sosio kultural, dan narasi linguistik. Berikut beberapa arti kata Sengkang yang dimaksud:

Arti kata Sengkang menurut beberapa kamus, adalah tempat dan atau daerah persinggahan, kedatangan, dan bersama-sama datang. Namun, berdasakan literatur kamus ini, tampaknya sangat dipengaruhi oleh latar belakang penerjemahnya. Jika penerjemah seorang sosiolog, maka arti kata Sengkang lebih cenderung ditransliterasi sebagai kedatangan penduduk daerah lain, dan masuk ke daerah tertentu. Jika penerjemah memiliki latar belakang ekonomi, Sengkang diartikan tempat bertemunya saudagar-saudagar pedagang di Wajo dahulu. Perbedaan tanpa menyampingkan kata inti, “datang”.

Arti kata Sengkang dalam berbagai persepsi tersebut, bukan hanya bualan belaka, tetapi memiliki fakta otentik berupa bukti fisik. Kedatangan penduduk daerah lain, terbukti sampai hari ini. Banyak saudagar berasal dari luar daerah, banyaknya santri mondok di pesantren As’adiyah bersal dari luar daerah, dan posisi Wajo di antara daerah unik beragam (Bone, Soppeng, Sidrap). Begitupula jika arti kata Sengkang sebagai tempat bertemunya saudagar, terbukti dengan peninggalan jangkar besar di Saoraja Mallangga kota Sengkang.

Ilustrasi Sutera Sengkang Wajo
Sumber: tomaradeka.org

Dalam suatu acara lesehan diskusi kecil-kecilan di Sengkang, pemateri yang kebetulan seorang budayawan Bugis mengatakan, kata Sengkang berasal dari Si Engkang, yang dalam bahasa Indonesia berarti saling berdatangan. Arti kata Sengkang menurut akar kata ini, dilandaskan pada literasi sejarah.

Menurutnya; arti kata sengkang diambil dari nama Arung (raja) Si Engkang, yaitu Lamaddukelleng, nama ini diberi sebagai penghargaan Lamadukelleng atas perjuangannya yang DATANG berlayar ke Samarinda, dan berhasil menjadi pemegang kuasa di sana. La Maddukkelleng pernah menjadi Raja Pasir di Kaltim, bersama Raja Pasir membangun kota Samarinda. Atas dasar itulah Lamaddukelleng ditetapkan pemerintah sebagai Pahlawan Nasional.

Penulis lebih sepakat dengan arti kata Sengkang menurut budayawan di atas, bahwa arti kata sengkang berasal dari kata Si Engkang. Namun didukung dengan persepsi beragam berdasarkan latarbelakang penerjemah dalam literatur kamus seperti yang diungkap sebelumnya. Kebiasaan orang tua kita dahulu, seringkali memberikan nama kapada sesuatu berdasarkan kejadian yang dialami. Nama La Bolong misalnya diambil karena yang bersangkutan berkulit hitam. Ulu Galung, “kepala sawah” (nama daerah di pinggir kota Sengkang), diambil berdasarkan posisinya sebagai awal pengukuran sawah penduduk. Dan masih banyak penamaan lain.

Dalam linguistik dikenal istilah Pijin (pidgin). Ragam bahasa pijin (pidgin) tumbuh karena ada dua pihak yang ingin berkomunikasi satu sama lain, namun berbeda bahasanya. Arti kata Sengkang sebagai kedatangan penduduk dan tempat bertemunya saudagar, dimungkinkan menghasilkan ragam bahasa Pijin. Kata Si Engkang, kemudian di-Pijin-kan menjadi Sengkang, meskipun arti kata Sengkang tetap disamakan dengan arti kata Si Engkang berdasarkan asumsi linguistik Pijin.

Hikmah Arti Kata Sengkang

Beragamnya arti kata Sengkang diharapkan bisa dijadikan pelajaran berharga. Sebagai masyarakat yang mencintai daerah sendiri, kiranya menjadikan hakikat arti kata Sengkang sebagai momentum kesadaran diri. Kita beragam, SI ENGKANG (berdatangan) dari beberapa tempat atau daerah, beragam dengan berbagai aktivitas di dunia maya, namun berniat untuk satu tujuan. Perbaikan…

Ditulis dalam rangka mengikuti Lomba SEO Arti Kata Sengkang

 

 

Komentar
Loading...