Awas, Ada 6 Hal yang Membuat Puasa Menjadi Sia-Sia

Hal yang Membuat Puasa Sia-Sia

Abu Ubaidah ra berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah saw mengatakan: “Puasa adalah perisai pelindung, selama manusia yang berpuasa tidak merobek perlindungan itu, maka dia akan menerima pahala puasanya itu.”

Perisai pelindung dalam hadis tersebut adalah segala hal yang membuat puasa menjadi sia-sia. Ketika sahabat bertanya apa yang membuat puasa menjadi sia-sia, Rasul menjawab: “Menceritakan kebohongan dan fitnah.”

Tanpa disadari kita suka menghabiskan waktu dengan percakapan yang tidak perlu, termasuk pada bulan Ramadhan. Untuk hal ini, bahkan ulama berbeda pendapat, ada yang mengatakan bahwa kebohongan, fitnah, dll, membatalkan puasa seperti makan dan minum, meski sebagian besar ulama percaya bahwa puasa tidak sepenuhnya batal, namun berkahnya akan hilang.

Hal yang Membuat Puasa Menjadi Sia-Sia

Ada enam hal yang perlu dijaga agar puasa yang dilakukan tidak sia-sia.

Pertama, kita harus menjaga mata kepada hal yang tak semestinya dilihat, bahkan termasuk melihat istri sendiri sehingga menimbulkan keinginan, apalagi dengan wanita lain. Demikian pula, melihat tindakan kejahatan di mana kejahatan yang dilihat itu harus dihindari.

Opini Terkait
1 daripada 92

Kedua, kita harus menjaga lidah terhadap kebohongan, percakapan yang tidak perlu, fitnah, argumen, bersumpah, dll. Tidak memulai sebuah argumen dan menghindari orang lain yang memulai perdebatan.

Ketiga, menjauhkan telinga dari hal-hal yang makruh untuk didengarkan. Rasulullah saw mengatakan, “Dalam fitnah, orang yang mendengarkannya pun adalah mitra sejajar dalam dosa.”

 

Keempat, seluruh tubuh harus dijauhkan dari dosa dan hal-hal yang melanggar hukum. Tidak harus tangan dengan sentuhan, maupun kaki dalam melangkah. Perut saat berbuka bisa menjadi sesuatu yang dilarang jika menggunakan hawa nafsu.

hal yang membuat puasa sia-sia
Ilustrasi hal yang membuat puasa sia-sia

Kelima, setelah berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengisi perut dengan kadar di atas dari kebiasaan. Terkadang sifat balas dendam saat berpuasa di bulan Ramadhan. Hidangan buka puasa menjadi pelampiasan sehingga kadar makanan yang masuk ke dalam perut lebih dari kebiasaan.

Keenam, Melakukan hal yang sia-sia. Ada hadis yang menyebutkna bahwa tidur orang yang berpuasa adalah ibadah. Hadis ini benar jika tidur itu tidak menjadi perbuatan yang sia-sia. Misal, barusan bangun, lalu tidur lagi, seakan hanya tidur yang bisa dikerjakan.

Enam hal yang dapat membuat puasa menjadi sia-sia ini sedapat mungkin kita hindari. Apalah guna usaha menahan makan dan minum serta hawa nafsu kalau toh di sisi Allah ibadah itu menjadi sia-sia.

Loading...