Memanfaatkan Domain untuk Menghasilkan

Bagaimana memanfaatkan domain

Satu dekade berlalu, saat pertama kali kumengenal dunia maya. Masa itu adalah masa otak atik tulisan melalui domain blogspot gratisan. Mengingat hal itu, kadang saya senyum senyum sendiri. Waktu habis hanya untuk tampilan blog, gonta-ganti template, dan paling senang dengan widget kelap-kelip, dan tulisan berjalan. Domain? Belum tahu dan belum kenal, apalagi cara bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis.

Tulisan-tulisan dari makalah islamic studies saat masih duduk pascasarjana S2, tidak kusia-siakan. Ratusan makalah saya publish, sampai saya mulai sadar ada yang salah. Usia blog yang hampir setahun, tapi pengunjung masih puluhan. Padahal, tulisan yang terpublish, original, unik, bahkan sebagian masuk kategori temuan sebuah penelitian sederhana.

Pertimbangan memilih domain

Bagaimana mungkin, blog dengan konten yang berkualitas, pengunjungnya sedikit? Mulailah saya tertarik dengan Search Engine Optimization (SEO), yang salah satu unsur pentingnya adalah domain. Mengenal pentingnya domain, domain yang mengandung kata kunci, domain yang mudah diingat, bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis misalnya, dan masih banyak hal terkait dengan itu.

Nama domain memiliki pengaruh terhadap kualitas suatu halaman web dan mudah dimanfaatkan, karena tiga hal;

Pertama, nama domain sekaligus mengandung kata kunci. Secara tidak langsung, hal ini akan mempermudah mesin pencari, mempermudah pemilik blog dalam menyusun struktur kontennya, serta mempermudah pengunjung menemukan halaman web yang dituju. Artinya, nama domain dimanfaatkan untuk menunjang tujuan blog. Tidak sulit, karena dibantu dari URL yang terdiri dari nama domain pada setiap konten yang ada di web.

Kedua, nama domain akan memudahkan pengunjung untuk memahami halaman web, saat mereka mengaksesnya. Kadang, pengguna akan bertanya jika nama domain yang digunakan tidak memiliki arti sesuai kosakata bahasa umum. Misalnya, nama domainnya syqzngji8-a[dot]com.

Bagaimana domain seperti itu bisa bermanfaat untuk bisnis kalau pengunjung akan bertanya “Ini web apa?” Belum lagi diperlukan waktu khusus untuk mengingat nama domain itu.

Ketiga, nama domain akan membantu pemilik web dalam membangun brand. Misalnya, web tentang teknologi, lalu nama domainnya mengandung kata teknologi atau bahkan teknolog[dot]com, maka pengguna dengan mudah mengingat, sekaligus menjadi kesempatan pemilik untuk membangun brand.

Atas saran beberapa teman seperjuangan, bagaimana memanfaatkan domain sehingga bisa menghasilkan, dan pertimbangan konten yang terkait makalah, pertengahan tahun 2012, domain pertama referensimakalah[dot]com, saya pesan di Rumah Web. Dengan pengetahuan mengenai blog yang masih sangat minim, akhirnya domain itu saya tautkan ke blogspot, karena waktu itu, saya belum mengenal hosting apalagi server.

Seiring waktu berjalan, domain ini menunjukkan taji-nya. Kata kunci “referensi makalah”, meski memiliki persaingan yang sangat tinggi, namun nama domain ini nangkring di halaman pertama pencarian

Kenapa saya mendaftar domain di Rumah Web?

Mungkin sudah takdir atau sudah jodoh, entah. Saya masih ingat dan terbayang 7 tahun lalu.

“Domainnya beli dan daftar di mana?” Tanya saya ke salah seorang teman yang sudah lebih awal memiliki domain.

“rumahweb. com”. Katanya singkat

“Pakai spasi nggak?” Pertanyaan yang menunjukkan kalau saya memang pemula.

“Tidak! Atau begini aja, tulis di pencarian, ‘tempat beli domain murah’”. Katanya.

Saya ikuti saran itu. Saya tidak tahu, tidak kenal Rumah Web dan penyedia domain yang lain. Saya hanya memilih peringkat pertama hasil pencarian dari kata kunci yang saya tulis, dan ternyata itu adalah website dari Rumah Web.

Setahun berjalan, saya terpikir, makin lama pasti nama domain yang merupakan salah satu kata dalam kamus bahasa akan habis didaftarkan. Bahkan mungkin nama saya sendiri akan digunakan oleh orang lain sebagai nama domain. Padahal, domain dengan nama saya bisa digunakan oleh anak cucu kelak dengan memanfaatkan subdomain.

Pertengahan tahun 2013, saya mendaftarkan nama domain atas nama sendiri bersamaan dengan satu domain dengan niche muslimah.

Kini, lebih sepuluh domain dengan berbagai niche terdaftar di rumah web. Domain-domain itu masih aktif sampai sekarang. Bagaimana memanfaatkan domain itu? Sebagian terisi dengan konten sesuai niche domain, sebagian lagi kosong, redirect ke domain lain.

Opini Terkait
1 daripada 41

Hal penting sehingga saya setia memarkir domain-domain saya di Rumah Web; Pertama, respon cepat. Tak perlu menunggu lama saat saya ingin memesan domain. Permintaan, pertanyaan, konfirmasi pembayaran, dan hal lain selalu direspon tak pakai lama. Bahkan propagasi DNS yang umumnya maksimal 2 x 24 jam, tapi di rumah web kadang hanya 15 menit.

Kedua, komunikasi yang bersahabat. Sepertinya, costumer service Rumah Web dilatih untuk tetap mempertahankan komunikasi ramah dalam kondisi apapun. Saya terkadang protes dengan bahasa yang kurang santun, ujung-ujungnya saya sadar, itu karena ketidakpahaman saya sendiri.

Ketiga, brand. Saya termasuk pelanggan setia yang belum pernah sekalipun memberi review berupa tulisan. Hanya, komentar kecil di media sosial. Namun, dari beberapa review yang saya temukan, Rumah Web selalu menempati posisi teratas webhosting terbaik di Indonesia. Hal ini tentu tidak spontan, kepercayaan para pengguna otomatis menciptakan brand yang sulit tertandingi sampai saat ini.

Keempat, beragam fasilitas yang nyaman. Ada beberapa fitur di Rumah Web yang bisa langsung dikaitkan dengan domain; hosting, server, pagebuilder, dll. Bahkan, dalam spesifikasi tertentu, domain digratiskan. Fasilitas tersebut nyaman digunakan karena by sistem. Praktis, tinggal klik, seret, membuat halaman web seperti membalikkan telapak tangan.

Kelima, harga. Ada harga ada rupa. Biasanya, yang lebih mahal akan sesuai dengan kualitas. Lalu bagaimana jika domain murah sekaligus berkualitas? Sepertinya, hal ini juga menjadi senjata ampuh Rumah Web bisa bertahan sampai usia 18 tahun.

Domain dan kini Aku di bangku S3

Sebenarnya, saya tidak ingin mengumbar dan sesumbar mengenai kuliah di jenjang akhir pendidikan ini, tapi daripada hal itu mengundang fitnah, lebih baik tulisan ini sekaligus mewakili. Bukankah fitnah lebih kejam daripada fitness? Hehehe

“Eh kamu kuliah dapat beasiswa darimana?”

Pertanyaan ini paling sering saya dengar dari teman yang mungkin penasaran. Wajar, kuliah di jenjang S3 membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya kuliah yang sudah ditentukan, hal lain terkait kuliah, jauh membutuhkan lebih banyak biaya. Penelitian makalah, buku, seminar, macam-macam.

Lalu, jalan apa yang menjadi penolong dalam kondisi saya kuliah mandiri non beasiswa? Tak lain adalah penghasilan di dunia maya, dan salah satu sebab utamanya adalah domain. Ringkasnya, saya memanfaatkan domain untuk bisnis sehingga berpenghasilan. Lho ceritanya gimana?

Ada banyak sumber penghasilan di dunia maya (pernah saya tulis salah satunya di sini). Ada sumber halal, dan ini sulit. Ada juga sumber penghasilan haram, dan ini lebih mudah.

Saya menulis di beberapa blog dengan Top Level Domain (TLD) yang saya pesan di Rumah Web. Blog itu kemudian saya kaitkan dengan Adsense. Hasilnya lumayan, cukuplah menutupi kerakusan saya merokok dua bungkus perhari.

Dari 13 domain, dua diantaranya berisi tulisan opini, 3 domain terpasang di blog referensi, 1 domain di blog wanita, dua lainnya di blog otomotif dan niche rumah. Sisanya, web klien.

Nama-nama domain yang mengandung kata kunci, memancing pembaca untuk mengenal tipe blog, dan berlama-lama di dalamnya. Hasilnya, terkadang pembaca memesan tulisan tertentu, entah itu terkait bisnis, profile, atau kepentingan bisnis tertentu.

Pengaruh domain bahkan saya anggap lebih mendominasi. Nama domain yang sekilas terbaca saja, pembaca sudah bisa memastikan bahwa konten yang ada sesuai nama domain.

Dengan memanfaatkan domain itulah, saya bisa bertahan dari tekanan biaya kuliah yang super duper mahal setidaknya bagi saya.

Kesimpulan dari manfaat domain

Semua orang punya pengalaman tersendiri yang saling terkait. Kecil atau besar, tapi membawa manfaat besar dalam kehidupannya.

Domain dalam arena dunia maya, mungkin dianggap sebagian orang hanyalah sebagian kecil dari faktor yang berpengaruh dari penghasilan mereka, tapi tidak bagi saya. Mengenal domain lebih dalam, berarti menemukan cara bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda.

Domain adalah pijakan pertama dalam menemukan alur perjalanan saya di dunia maya. Domain juga menjadi pandangan pertama bagi pengunjung. Domain akan memberi kesan. Kesan baik, akan menghasilkan yang baik. Demikian juga sebaliknya.

Menulis, membuat framing, bahkan terkadang sedikit kenal nyepam, sehingga niche blog saya tertata lebih rapi.

Loading...