Berapa Umur Aisyah ra Saat Menikah dengan Rasulullah saw?

Umur Aisyah ra Saat Menikah

Umur Aisyah ra Saat Menikah – “Semua istri Rasulullah saw adalah Janda kecuali Aisyah. Umur Aisyah ra saat menikah dengan Rasulullah saw adalah 6 atau 9 tahun.” Kalimat ini sering kita baca terutama dalam buku-buku sejarah Islam. Betulkah demikian? Mari kita lihat dalam artikel ini.

Tunggu! Apa pentingnya membahas umur Aisyah ra saat  menikah dengan Rasulullah saw?

Pertama, ada banyak kisah yang tercatat sebagai narasi sejarah tapi ternyata kisah itu tidak benar. Misal, kisah Malin Kundang yang sempat menguasai alam bawah sadar kita saat kecil dulu bersanding dengan cerita Nene Pakande dan cerita yang lain. Malin Kundang, anak yang dikutuk orangtuanya lalu kemudian menjadi batu.

Benarkah cerita itu? Ada buktinya kok, katanya. Relief batu yang menggambarkan sosok yang kemudian disebutkan sebagai Malin Kundang tertelungkup di pesisir Pantai Air Manis, Kota Padang, Sumatra Barat. Batu berbentuk manusia itulah menjadi argumen bahwa kisah Malin Kundang itu benar adanya.

Namun faktanya, relief berbentuk seperti orang sujud menyesali perbuatan dalam bentuk bongkahan batu  yang diklaim sebagai sosok tokoh Malin Kundang, ternyata dibuat oleh seniman Dasril Bayras bersama Ibenzani, tahun 1980-an. Artinya, kisah Malin Kundang dengan bukti relief batu itu tidak benar.

Kedua, benar tidaknya sebuah catatan sejarah, akan mudah digunakan oleh para pembenci agama dan orientalis, mereduksi catatan sejarah itu ke dalam satu tesa baru. Misalnya, ketika dikatakan bahwa umur Aisyah 6 tahun saat menikah dengan Rasulullah saw, maka akan dijadikan bukti bahwa beliau menikahi anak di bawah umur, seorang yang hyper, pedhopile, dan masih banyak tuduhan-tuduhan lainnya.

Olehnya itu, catatan narasi sejarah yang ilmiah menjadi penting, karena sesuatu yang ilmiah akan menemukan jawaban atas tesa-tesa baru yang sifatnya fitnah dan tidak berdasar.

Ketiga, argumentasi mengenai berapa umur Aisyah saat menikah dengan Rasulullah saw, akan menjadi bahan pengetahuan baru yang bisa dipertanggungjawabkan apabila argumentasi keduanya juga ilmiah.

Opini Terkait
1 daripada 90

Oke, sampai di sini jangan gugat lagi tulisan ini apalagi menuduh saya liberal macam-macam. Saya takut Ferguso! Ada banyak artikel yang sudah membahas hal ini dari perspektif berbeda tentunya. Saya hanya akan melihat dari perhitungan tahun saja.

Aisyah adalah putri dari sahabat Abu bakar ash-Shiddiq, hasil dari pernikahannya dengan Ummu Ruman. Abu Bakar memiliki dua orang putri, yaitu Asma’ binti Abu Bakar dan Aisyah binti Abu Bakar. Keduanya putrinya lahir pada masa jahiliyah (baca: pra islam)

Rasulullah saw menerima risalah kenabian tahun 610 Masehi namun dalam catatan sudah mulai berdakwah tahun 609 Masehi, di Makkah selama 13 tahun, dan di Madinah selama 10 tahun. Masa 609 Masehi dan sebelumnya ini disebut masa jahiliyah. Kalau dalam buku sejarah peradaban disebut abad pertengahan.

Rasulullah saw hijrah ke Madinah tahun 623 Masehi dan menikah dengan Aisyah 3 tahun sebelum Hijrah ke Madinah, artinya pada tahun 620 Masehi. Sederhana cara menghitungnya, andai Aisyah lahir tepat tahun 609 Masehi, maka umur Aisyah saat menikah 11 tahun (620-609 = 11). Bahkan at-Thabari dan sejarawan muslim lainnya menyebutkan bahwa Aisyah lahir sebelum tahun 609 Masehi. Artinya umur Aisyah saat menikah dengan Rasulullah, minimal 11 tahun.1Thabari, Tarikh at-Thabari: Darul Maarif, Kairo, (1962) , vol 13, h. 425-426

Ibnu Katsir menulis bahwa Asma lahir pada 595 Masehi. Kakak perempuan Aisyah, yakni Asma’ binti Abu Bakar, lebih tua 10 dari Aisyah. Artinya, Aisyah lahir tahun 605 Masehi. Perhitungannya, 595+10 = 605. Menikah pada tahun 620–605 = 15. Berarti umur Aisyah saat menikah berdasarkan catatan ini adalah 15 tahun.2 Ibnu Katsir, al-Bidayah wan al-Nihayah, Vol. 8; Darul al-Kutub al-Ilmiyah, Lebanon (1985), h. 351 -352

Umur Aisyah ra saat menikah
Image info perbandingan Umur Aisyah ra saat menikah

Dua ulama sejarah Islam yang tidak diragukan lagi karya-karyanya memberikan dua keterangan berbeda berdasarkan analisis sejarah yang akurat.

Siapa yang benar di antara dua pendapat mengenai umur Aisyah saat menikah itu? Saya kira ini bukan ketentuan memaksa yang harus dilakukan di antara dua pilihan. Yang terpenting bahwa; jika umur Aisyah 11 atau 15 Tahun, dan keterangan hadis menyebutkan bahwa Rasulullah saw menggaulinya 3 tahun setelah menikah. Artinya, 14 tahun atau 18 tahun. Usia yang tidak bisa disebut sebagai anak-anak seperti tuduhan orientalis.

 

Loading...