Betulkah Presiden Aktif di Jejaring Sosial?

Beda orang beda gaya. Beda jabatan, beda kesibukan. Beda pelaku, beda tujuan. Semua orang pasti memiliki kepastian perbedaan. Kepastian perbedaan itu bisa dari fisik, gaya, maupun kesibukan.

Misalnya, seorang mahasiswa yang aktif di jejaring sosial facebook atau twitter, tentu beda gaya, kesibukan dan tujuannya. Seperti saya dengan mengelola beberapa akun jejaring sosial, terkadang memaksa saya mengalihkan sebagian waktu primer untuk kebutuhan itu. Layak, karena bukan pejabat.

Sekelas Presiden, dengan follower jutaan, dan fans ratusan ribu di awal launching, sepertinya akun jejaring sosial milik Presiden itu akan menjadi akun ter-h­ot setiap tahun.

Opini Terkait
1 daripada 302

Melihat pengertian jejaring sosial versi Wikipedia, maka akun twitter dan facebook milik Presiden dan situs jejaring sosial youtube, hendaknya bisa membentuk terjalinnya satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Simpulnya adalah Presiden sebagai aktor, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut dengan follower atau fansnya.

Mengenal sedikit pejabat, saya tahu hampir tidak ada waktu untuk mengurus hal kecil seperti twitter dan facebook, kecuali penggunannya setiap saat menenteng gadget yang bisa mengakses akau jejaring sosial yang ada. Apalagi presiden, hampir tidak mungkin melakukan itu. Interaksi sosial sangat penting, tapi melalui akun jejaring sosial, mungkin hanya alternative terakhir.

Foto-foto dan presdien yang banyak tersebar di media sedang mengakses twitter di depan pc, tidak menjamin kalau beliau aktif di jejaring sosial. Sebagai perbandingan, kicauan lanang sawah @eae18, merilis bahwa pengelola akun twitter Presiden diduga berjumlah 15 orang, dengan gaji kisaran 60 jutaan. Jika akun twitter saja memerlukan dana besar (versi saya), bagaimana dengan akun fanspage dan youtube?.

Membandingkan dua ulasan sebelumnya, maka titik definisi jejaring sosial terletak pada aktornya, apakah aktor dalam analisis jejaring sosial adalah pemilik akun atau pengelolanya. Hal ini penting untuk membuat penilaian dan preseden, bahwa Presiden aktif di jejaring sosial atau cuma pengelolanya.

Komentar
Loading...