Blog Copy Paste Semua

Bukan fakta unik lagi, banyak bloger bahkan websiter sekalipun mengisi akunya dengan tulisan dari orang lain alias blog copy paste. Dalam hal pelanggaran plagiasi, hal itu tidak dilarang, selama mencantumkan sumbernya. Bahkan google sebagai situs pencarian terbesar tidak menempatkan originalitas tulisan sebagai top rank dalam search engine.

Sedikit pahit jika kita menulis lantas dijiplak oleh orang lain, tapi dalam pencarian tulisan si penjiplak berada di atas kita.

Menulis oleh sebagian orang adalah hal sulit. Berbagai konsep solutif ditawarkan. Bagi saya menulis adalah berbicara dengan merangkai huruf demi huruf. Tulislah seakan kamu sedang berbicara.

Apakah mesin pencarian google atau dengan nama lain robot google tidak mampu mengidentifikasi yang mana tulisan asli yang mana tulisan hasil jiplakan?, apakah pencantuman link sumber dalam tiap posting  satu-satunya ukuran legalitas yang membebaskan plagiator ?. kalau iya, kenapa. Dan kalau tidak juga kenapa?.

Atas nama karakter anak-anakku kelak, kuajari mereka untuk menghargai hasil karya orang lain seperti orang lain kelak akan menghargai karya mereka. “tulislah apa yang kalian mampu bicarakan, meskipun cuma teriak”. Kataku setiap mereka akan menambah posting di blog-blognya.

Opini Terkait
1 daripada 304

Mitha seorang siswa yang aktif stiap pertemuan bimbingan blog, sangat rajin menambah posting, dan sangat rajin meng-copy karya orang lain, suatu hari bertanya.

“Pak, semua isi blog ku adalah karya orang lain. Saya capek mencantumkan linknya, bahkan terkadang saya lupa di mana isi postingan itu saya ambil. Bisakah deskripsi blogku DIJAMIN COPY PASTE SEMUA saja”?.

Saya terdiam. Lucu, unik, dan sangat tidak populer pemikiran seperti itu. Kreatif, dan sangat berkarakter positif. Dengan keinginan itu, kutahu dia sudah belajar menghargai karya orang lain di tengah ke”terbatasan” seorang anak seusianya.

“BOLEH nanda, tapi google menganggap kamu palgiator, karena yang robot baca adalah link sumber, bukan deskripsi header”, jawabku.

Dengan wajah kecewa, Mitha mengganti header blognya dan menulis deskripsinya MESKI COPY PASTE SEMUA, TAPI ADA LINK SUMBERNYA.

“Macam-macam saja”, kataku dalam hati.

Komentar
Loading...