Cara Jitu Menghapal Ayat al-Quran yang Mirip

Saya mempunyai seorang teman saat masih mondok dulu berjuang kala menghapal al-Quran. Dia berhenti menghapal di tengah jalan hanya karena satu alasan sederhana; ayat al-Quran banyak yang mirip.

Memang, dari 6000 lebih ayat dalam mushaf al-Quran terdapat ratusan ayat mirip. Seorang yang berusaha menghapal al-Quran harus memiliki cara jitu dalam menghapal ayat mirip itu.

Cara terbaik untuk membedakan antara bacaan yang hampir sama atau biasa disebut mutasyabih adalah pertama: membuka mushaf lalu membandingkan antara kedua ayat tersebut dan cermatilah perbedaan antara keduanya, kemudian buatlah tanda yang bisa untuk membedakan antara keduanya, dan jangan sungkan untuk menuliskannya.

Cara kedua: menulis ayat al-Quran, kemudian membaca masing-masing ayar al-Quran yang mirip tapi beda itu. tak perlu tegang. Semakin kita santai tapi serius, maka hapalan kita akan semakin kuat.

Opini Terkait
1 daripada 47

Ketiga: menghadapkan ayat-ayat al-Quran yang mirip tadi kepada seorang guru yang diakui hapalannya. Jika hal ini sulit, cukup merekamnya pada tape recorder, kemudian dengar ulang sambil melihat mushaf.

cara mencintai alquran

Keempat: jika menemukan ayat al-Quran yang mirip atau sama, baca ulang ayat yang sama itu meskipun bukan bagian dari target hapalan saat itu. misalnya Anda membaca jus 22. Di jus itu Anda menemukan ayat al-Quran mirip dengan yang ada di jus 18. Baca yang di jus 22 kemudian membaca juga yang dijus 18.

Tak ada yang sulit selagi kita mempunyai keinginan kuat dan mau mencoba. (baca: cara menghapal al-Quran 3 tahun) Ayat al-Quran yang mirip memang memerlukan cara tersendiri untuk menghapalnya. Semoga tips di atas membantu Anda.

Loading...