Cara Mempercepat Koneksi Internet Berdasarkan Pengalaman

Mempercepat Koneksi Internet

Bagi pegiat online (seperti saya), koneksi internet menjadi raja. Koneksi internet yang lelet, lemot, lambat looading, atau istilah lain, tentu akan menjadi bomerang menyakitkan. Kita butuh internet yang cepat, olehnya itu kita harus tahu trik mempercepat koneksi internet.

Banyak sekali tips mempercepat koneksi internet yang ditulis oleh para pegiat online, para blogger dan webmaster. Tentu berdasarkan pengalaman mereka.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Tips mempercepat koneksi internet yang saya akan ungkapkan juga berdasarkan pengalaman saya. Satu hal yang penting, tips ini tidak terkait dengan kuota internet yang anda gunakan.

Misalnya, Anda memakai kartu A dengan kecepatan 1 MB/ second, lalu mengharap kecepatan 1 GB/ second, itu tidak masuk akal, kecuali dengan black trik. Tips mempercepat koneksi internet yang saya maksud adalah memaksa kemampuan PC untuk itu.

Cara mempercepat koneksi Internet

Cara mempercepat koneksi inteenet yang pertama adalah memaksa Windows untuk menggunakan 100% bandwidth

Perlu diketahui, bahwa Windows default membatasi hanya 80% bandwidth unutk bisa gunakan. Sisanya disisakan untuk QoS traffic seperti Windows update, VoIP, dll. Nah, dengan trik ini, kita akan memaksa Windows untuk menggunakan 100% bandwidth internet. logikanya, akan ada peningkatan kecepatan internet hingga sebesar 20%.

Caranya mudah, klik Start, Run, lalu ketik gpedit.msc, dan pilih Local Computer Policy, lanjut ke Computer Configuration, Administrative Templates, Network, QoS Packet Scheduler, lalu klik dua kali Limit Reservable Bandwidth. Pilih menu Enable dan isi bandwidth limit dengan nilai 0. Klik apply dan restart komputer anda.

Cara ini hanya cocok untuk Windows 7

Kalau cara mempercepat koneksi intent dengan memaksa Windows untuk menggunakan 100% bandwidth sudah dilakukan, bisa dilanjutkan dengan cara yang memiliki fungsi yang sama;

Klik Start. ketik Regedit, lalu tekan Enter. Akses HKEY_LOCAL_MACHINES, OFTWARE, Policies, Microsoft, Windows, lalu Klik kanan folder Windows, pilih New Key. Beri nama key tersebut Psched. Klik kanan PSched yang baru saja anda buat, pilih New DWORD (32-bit) Value, kemudian beri nama value tersebut NonBestEffortLimit. Klik kanan pilih Modify, lalu pilih Decimal dan isi value data dengan 0. Terakhir, klik OK dan restart komputer anda.

Cara kedua dengan konfigurasi Sistem Windows

Cara mempercepat koneksi internet ini cocok untuk Sistem Windows 7, 8, dan 10. Karena pada dasarnya sistem Windows service, berjaan di latarbelakang PC saat konek dengan jaringan internet, maka jika konfigurasi Sistem Windows dalam performa terbaik, maka akan mempengaruhi kecepatan komputer dan juga akses internetnya.

Adapaun langkah-langkah konfigurasi Sistem Windows yang saya maksud adalah;

Klik menu Start yang ada di pojok kiri bawah. Kemudian pada bagian pencarian klik “service.msc,” lalu tekan enter.

Akan muncul beberapa property, Diagnostic Policy Service, Distributed Link Tracking Client, Offline Files, Performance Logs & Alerts, Program Compatibility Assistant Service, Secondary Logon, Windows Error Reporting Service, Windows Image Acquisition (WIA). Silahkan klik 2 kali untuk menonaktifkannya.

mempercepat koneksi internet langkah 2Dengan menonaktifkan property tadi, maka kinerja Windows akan lebih efektif karena pada dasarnya, semua properti diatas sangat aman untuk dinonaktifkan karena bukan termasuk yang utama, dan jarang digunakan.

Cara mempercepat koneksi Internet ketiga adalah dengan mengoptimalkan kinerja PC dan laptop

Opini Terkait
1 daripada 81

PC dan laptop yang tidak normal akan mempengaruhi kinerja PC itu sendiri termasuk akses dari luar seperti jaringan internet.

Misalnya, file yang tidak teratur pada harddisk, seharusnya didefrag, atau file yang sudah usang dan tidak digunakan lagi sebaiknya dihapus.

  1. Hapus semua file sampah terutama pada properti C
  2. Selanjutnya defrag
  3. Dan terakhir bersihkan aplikasi browseer dengan aplikasi CCleaner.

Cara keempat yaitu dengan menggunakan browser terbaru

Browser yang tidak update dan sudah lawas akan mempengaruhi kinerja internet, apalagi jika dalam browser terlalu banyak plugin, add ons dan script yang dikaitkan

Untuk memperbarui browser, silahkan klik menu update pada browser yang kamu gunakan. Entah itu Firefox ataupun Chrome.

Cara kelima dengan menggunakan internet pada satu aplikasi saja

Kadang langkah satu sampai empat sudah kita lakukan, tapi jaringan intenet masih lemot, itu bisa jadi karena ada dua aplikasi yang mengkases internet berjalan dalam waktu bersamaan, sehingga koneksi juga terbagi.

Misalnya, Anda membuka browser Chrome sekaligus membuka Firefox. Pada chrome membuka 5 halaman berbeda, Facebook, Youtube, dst. Pada Firefox juga demikian. Bayangkan masing-masing program hanya mendapatkan sedikit jatah kecepatan internet, pastinya akan memperlambat koneksi internet Anda.

So, jalankan internet pada satu halaman dan satu aplikasi saja, kecuali dalam hal yang darurat saja. Alasan cepat justru akan menghambat dengan kecepatan internet yang lemot.

Cara meningkatkan kecepatan internet yang terakhir adalah upgrade hardware yang digunakan.

Jika hardware yang kita gunakan sudah lawas, maka performa internet di komputer juga akan melambat.

Beberapa hardware yang biasanya perlu untuk diupgrade antara lain :

  1. HDD di upgrade ke SSD
  2. RAM di upgrade dengan kapasitas yang lebih besar
  3. Gunakan prosesor terbaru

Kesimpulan Trik Internet Cepat

Sebagai kesimpulan cara mempercepat koneksi internet, saya rumuskan dalam enam poin berikut:

  1. Memaksa Windows untuk menggunakan 100% bandwidth
  2. Konfigurasi Sistem Windows
  3. Optimalisasi kinerja PC dan laptop
  4. Menggunakan browser terbaru
  5. Penggunaan internet secara tunggal
  6. Upgrade hardware yang digunakan.

Kok sederhana sekali? Iyah, karena pengalaman itu saya letakkan simple saja, jangan dipaksakan, apalagi dengan memakai software segala macam. Terakhir, saya mengharap semoga opini ini bisa membantu mempercepat koneksi internet, dan berinternetlah dengan bijak.

Silahkan di coba!

Loading...