Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Artikel saya kali ini, khusus membahas mempercepat loading blog wordpress saja dengan self hosted, atau blog wordpress yang menggunakan hosting peribadi. Bahwa kecepatan loading sebuah blog sangat menentukan betahnya pengunjung pada sebuah blog.

Bisa dibayangkan, hanya karena blog lambat loading, seorang pengunjung harus mengorbankan waktunya hanya untuk melihat satu artikel saja. Akibatnya, tak jarang akhirnya pengunjung memilih pindah ke situs lain.

Banyak sekali tutorial cara mempercepat loading blog, baik blogspot, maupun wordpress. Untuk wordpress dengan hosting pribadi, yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan plugin seperti W3 Super Chace, Smush.it, WP Super Chace, dan plugin lainnya.

Pengalaman saya, dengan plugin memang sedikit mempercepat loading blog, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Banyak sekali kekurangan penggunaan plugin, yang umum menguras CPU, dan terkadang fitur sebuah plugin theme atau bentrok dengan plugin lain. Bahkan pengalaman terakhir, plugin bisa menghalangi validasi feed url.

Saran saya, gunakan plugin WP-Rocket Pro. Saya sudah membuktikan dan hasilnya sangan bagus. kecepatan blog meningkat.

Cara terbaik mempercepat blog wordpress tanpa plugin, bisa dengan .htaccess dan CDN Google. Kesempatan kali ini saya hanya membahas mempercepat loading blog wordpress dengan .htaccess. Cara memuat loading website lebih cepat dengan htaccess dianggap lebih efisien karena htaccess dapat mengaktifkan beberapa fitur pada server dan cache yang lebih baik , seperti header kadaluarsa dan lain-lain. Caranya;

1. Sebelum aksi silahkan backup wp_config.php Anda dan file .htaccess
2. Pergi ke wp_config.php dan menempatkan script ini :

define ( ‘ WP_CACHE ‘ , true) ;

Masukan kode yang setelah :

< ? php
Cara ini mudah, login ke cpanel, pada bagian public_html buka .htaccess. Tampilan default .htaccess biasanya seperti ini;

[wp-embedder-pack width=”100%” height=”400px” download=”all” download-text=”” attachment_id=”27371″ /]

Cara ini saya dapatkan dari ahli membuat theme wordpress dengan tampilan keren dan fast loading, alamat url-nya dan sudah dibuktikan di situs ini. Dan untuk menguji kecepatan loading blog Anda, silahkan masuk ke situs ini.