Cara Mencintai Kegiatan Menghapal al-Quran dengan Mudah

Mencintai Kegiatan Menghapal al-Quran

Menghapal al-Quran bukanlah pekerjaan mudah tapi juga tidak sulit. Lho, kok plin plan begitu sih?. Iya, karena semuanya tergantung bagaimana seorang melakoninya yang diawali oleh kecintaan terhadap kegiatan. Kegiatan apapun jika dicintai akan mudah untuk dilakukan.

Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman singkat. Bahwa ada trik mencintai kegiatan menghapal al-Quran dengan cepat dan mudah.

Pertama: jauh sebelum melakukan itu, luruskan niat. Banyak orang menghapal al-Quran dengan tujuan dan ingin dikenal, atau tujuan lain. niat menghapalnya bukan karena ibadah kepada Allah. Sedikit sulit, karena segala sesuatu butuh motivasi, dan terkadang motivasi itulah yang merusak niat.

Kedua: Bagi pemula, mulailah dengan juz 30 terlebih dahulu, kemudian 29, 28, 27. Kenapa? Karena dalam jus tadi ayat-ayatnya pendek. Ayat pendek mudah untuk diingat. Selain itu, ayat di jus tadi sering didengar bacaannya dari imam masjid.

Opini Terkait
1 daripada 140

Ketiga: Sering-seringlah mendengarkan murottal yang paling disukai pun mulai dari surat jus di atas, misalnya pada saat akan tidur, di jalan, saat ada waktu luang, dsb. Untuk qari’ yang dipilih ada baiknya dari yang sudah diakui bacaanya, seperti Syaikh Sudays dan Syaikh Syuraim.

Keempat: ulangi hapalan pada waktu dan keadaan apa saja, meski cuma dalam hati. Hal ini sekaligus untuk mengokohkan hapalan kita, bacalah surat-surat yang kita hapal tersebut dalam salat sunnah, terutama salat malam, saat berkendara, bahkan saat berbicara biar tidak lupa. “(bacaan/ hapalan al-Quran) itu lebih cepat lepas/ hilangnya daripada unta dari tali pengikat kakinya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

trik mencintai hapalan
Ilustrasi

Kelima: Dalam menghapal al-Quran, jangan mengganti-ganti mushaf, gunakan satu mushaf saja, agar kecintaan terhadap kegiatan menghapal al-Quran lebih sempurna. Gunakanlah mushaf dengan khot utsmani. Konsisten hanya dalam satu mushaf juga membuat hapalan mudah diingat, selain kita mengingat kalimatnya, pasti kita mengingat letaknya dalam suatu halaman.

Dengan lima cara mencintai kegiatan menghapal al-Quran tadi, Insya Allah turut memuluskan kegiatan menghapal nantinya. Semoga Allah swt, memberi rahmat dan Hidayah kepada kita semua.

 

Loading...