Cara Mendidik Janin dalam Kandungan dengan Sederhana

  • Bagikan
Mendidik janin dalam kandungan
Ilustrasi

Cara mendidik janin dalam kandungan bukanlah hal yang mudah, baik untuk anda calon ayah atau ibu. Namun, dengan rasa bahagia karena dipercaya untuk mendapatkan buah hati akan memberikan anda bekal ketabahan.

Berbicara tentang “mendidik”, bukanlah hal yang remeh dan tak boleh dipandang sebelah mata. Semua yang anda berikan secara sengaja atau tidak akan direkam oleh sang janin. Eit jangan salah, mereka sudah bisa mendengar suara ayah dan ibunya lho. Jangankan suara, perasaan ibu sedang sedih atau senang saja mereka bisa merasakan.

Faktanya, banyak sekali bayi-bayi jenius yang ternyata sudah mendapatkan perlakuan pendidikan yang spesial sejak dalam kandungan.

Penasaran? Berikut ini info yang dapat kami bagikan untuk mendidik bayi kita dengan cara yang sederhana.

Kenalkan janin pada Agama

Agama memang harus dikenalkan pada buah hati sejak kecil. Tidak perlu mengajarkan yang terlalu berat. Anda dapat mendidik janin untuk mengenal agama lebih dekat melalui musik-musik rohani, atau dengan menjalankan ibadah setiap waktu.

Mengenalkan agama sejak kecil akan mempengaruhi pembentukan karakter anak. Tentu saja, anak yang dilahirkan dengan lingkungan agama yang kurang baik akan cenderung memiliki emosi yang tinggi, sedangkan anak yang selalu diperdengarkan musik-musik rohani, mendengar doa kedua orangtuanya atau dilibatkan saat ibadah, maka karakternya akan menjadi lebih tenang.

Jaga Komunikasi

Berkomunikasi dengan janin bukan hanya tugas ibu, tapi juga tugas ayah. Dengan menjaga komunikasi, tentu janin akan menggunakan indra pendengarnya untuk hal-hal yang positif sehingga dapat menstimulasi perkembangan otak.

Misalnya, ketika anda hendak melakukan aktifitas, ajaklah ia dan libatkan.

“Anak pintar, hari ini bantuin ibu masak ya.”

Cara ini terbukti mampu memberikan respon yang bagus untuk mendidik anak. Jangan lupa untuk berkomunikasi sambil mengelus-elus perut karena akan memberikan kontak emosional terhadap ibu dan janin. Ayah juga bisa mencoba berpamitan saat hendak kerja misalnya, sembari mengelus-elus perut ibu.

Ajak janin menjadi pendengar yang baik

Rasanya memang hampir tidak bisa dipercaya untuk mengajari seorang janin yang belum pernah melihat dunia untuk menjadi pendengar yang baik. Sebenarnya cukup sederhana. Misalnya, saat kita mendengar sesuatu, kita bisa menanyakan pada janin dan kemudian memberi tahu jawabannya setelah beberapa saat kemudian.

Memperkenalkan semua bunyi yang kita dengar pada janin tentu akan mempengaruhi daya kepekaannya terhadap semua bunyi. Dengan cara ini, maka janin pun tidak enggan untuk mendengarkan apapun dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pendengar yang baik saat ia sudah dewasa.

Mendidik janin dalam kandungan
Ilustrasi

Nah, itulah tadi beberapa cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk janin. Cara-cara tersebut cukuplah mudah. Akan lebih efektif jika dilakukan oleh kedua orangtua secara bergantian.

Mendidik janin sejak dalam kandungan bisa dengan cara menstimulus semua indra yang sudah berkembang.

 

  • Bagikan