Cara Mengatasi Error 404 Web/ Blog

  • Bagikan

Ada beberapa istilah error dalam internet terutama dalam bidang web/ blog khususnya jalur link yang diakses. Di antara istilah error tersebut, yaitu error 401; maksudnya pengunjung tidak memiliki hak akses untuk folder yang diproteksi oleh password, error 403; yaitu pengunjung sama sekali tidak dapat mengakses ke folder tujuan, error 404; yaitu menyatakan bahwa file yang diminta, tidak ditemukan dalam database, error 406; menyatakan bahwa permintaan dari browser tidak dapat dipenuhi oleh server, error 500; menyatakan bahwa ada kesalahan konfigurasi pada akun hosting, error 509; menyatakan bahwa penggunaan bandwidth pada account hosting sudah melebihi quota yang ditetapkan.

Untuk mengoptimalkan Search Engine Optimation (SEO), kesemua error tadi memberi dampak negatif bagi pengguna web/ blog. Dan untuk memantaunya dapat melalui google webmaster. Kecuali error 509, semua tergantung dari Anda dan cara pengoptimalannya. Seperti error 401, cukup buka proteksi folder yang dituju, demikian pula dengan error 403. Adapun untuk error 500 dan 509, silahkan komunikasikan dengan baik pada layanan penyedia hosting Anda. Lalu bagaimana cara mengatasi error 404 Not Found?.

Error 404 biasanya terjadi jika link yang sudah dibuat sebelumnya dihapus, padahal alamatnya sudah terindeks mesin pencari. Biasa juga terjadi karena kesalahan edit link pada permalink, atau kesalahan tulisan pada blog lain yang mengambil link dari konten kita. Kesalahan dalam menaruh url link sehingga menyebabkan error 404 ini tentu butuh cara lain untuk mengatasinya, seperti dengan menghapusnya di google webmaster, lalu melakukan fetch URL kembali agar terindeks dengan normal.

Bagi pengguna WordPress dengan hosting pribadi, cara mengatasi eroor 404 sangat mudah, cukup dengan meredirect halaman error 404 secara otomatis. Artinya, setiap halaman yang dituju namun tidak ditemukan, otomatis akan ke halaman link redirect yang dibuat sebelumnya. Halaman redirect bisa ke situs Anda sendiri dan bsia pula ke situs orang lain, tergantung alamat URL yang dimsukkan.

Caranya sederhana; buka dashboard WP, Appearance, editor, dan pilih 404.php. selanjutnya, hapus semua kode yang ada dan ganti dengan kode berikut ini:

<?php

header(“Status: 301 Moved Permanently”);

header(“Location:“);

?>

Ganti URL yang dibold dan digaris bawahi ke alamat redirect yang dituju. Misalnya https://www.lihin.net, maka kode tadi menjadi

<?php

header(“Status: 301 Moved Permanently”);

header(“Location:https://www.lihin.net”);

?>

Cara mengatasi error 404 ini tentunya dikhususkan ke pengguna WordPress dengan hosting pribadi. Bagi pengguna blogspot, atau blog gratisan lainnya, saya menyarankan melalui google webmaster. Cara ini beda dengan pengguna WordPress dengan self hosted tentunya, selain membutuhkan waktu lama diperlukan intensitas untuk melakukan recek. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan