Cara Mengetahui Kebohongan Siswa dari Gerakan Mata

Seorang guru pasti paham dan pernah menghadapi siswa yang berbohong. Saat mereka telat, tidak mengerjakan tugas, melanggar peraturan sekolah, dan hal lain, selalu saja ada alasan dari mereka yang tujuannya menyelamatkan diri. Sayangnya, alasan itu lebih didominasi kebohongan (baca: tidak konsisten dengan ucapan adalah awal kebohongan).

Banyak sekali cara mengetahui kebohongan siswa, apalagi bagi seorang guru yang telah mengabdi bertahun-tahun, telah menghadapi banyak orang, mengetahui kebohongan siswa, sudah tidak menggunakan cara tertentu lagi, tapi cukup dengan perasaan saja kebohongan siswa terdeteksi. Kadang pula, untuk mengetahui kebohongan siswa, dengan memberi beberapa pertanyaan, rumusnya sederhana, “mempertahankan satu kebohongan, diperlukan seribu kebohongan lain”.

Kali ini, penulis akan mengulas sedikit cara mengetahui kebohongan dari gerakan mata siswa. Cara ini bukan hanya dikhusukan bagi para siswa saja, tapi bisa juga digunakan secara umum. Hanya saja, orang yang terbiasa berbohong, berpengalaman, akan mudah mengantisipasinya, beda dengan siswa. Cara ini juga banyak digunakan para intelejen untuk mendapatkan data dari objek sebanyak-banyaknya.

Kunci dari cara mengetahui kebohongan dari gerakan mata siswa ini ada pada gerakan mata. Sebelumnya, mari kita kenali istilah berikut; Visual Construction (VC), yaitu mengkontruksi atau membuat Gambar, Auditory Contruction (AC), atau menyusun atau membayangkan bunyi dan suara, Kinesthetic Contruction (KC), yaitu menyusun perasaan, berbicara pada diri sendiri, Visual Memory (VM), yaitu mengingat kembali tentang gambaran, Auditory Memory (AM), yaitu mengingat kembali tentang bunyi dan suara, dan Kinesthetic Memory (KM), yaitu mengingat kembali tentang suatu perasaan.

Opini Terkait
1 daripada 303

Posisi masing-masing istilah tersebut, bisa dilihat pada gambar berikut;

gerakan mata

Nah, jika sudah mengetahui letak dari istilah tadi, tinggal dicocokkan saja. Misalnya, Arah bola mata ke kanan artinya berusaha mengkontruksi atau membuat yang belum pernah ada sama sekali. Sedangkan arah bola mata ke kiri artinya mengingat kembali apa yang sudah ada pada memori.

Dalam contoh; seorang siswa tidak memakai baju putih pada hari senin seperti peraturan sekolah yang sudah disepakati sebelumnya. Saat ditanya, “Kenapa ananda tidak memakai pakaian putih-biru?”. Perhatikan arah pergerakan matanya. Umumnya, siswa akan menjawab lupa dibarengi dengan pergerakan bola mata bergerak ke arah kiri bawah, karena berusaha menyusun perasaan dan berbicara pada diri sendiri.

Cara mengetahui kebohongan dengan melihat arah pergerakan bola mata ini, harus dibarengi dengan latihan, semakin sering dilatih, maka ketajaman analisa akan semakin dalam (baca: penjual tuak dan budaya tidak jujur). Sebagai catatan, bagi siswa yang kidal memiliki arti berlawanan arah mata mereka. Jadi dalam gambar, arah bola mata ke kanan, bagi orang kidal sebaliknya.

Komentar
Loading...