Celengan Itu Raib…

Anda pernah lihat celeng?, mungkin jarang. Tapi apakah Anda pernah melihat celengan?, mungkin sering, dan bahkan Anda, anak Anda memiliki celengan. Celeng artinya babi kecil atau anak babi. Sedangkan celeng-an, berarti tempat menyimpan uang. Entah kapan asal mulanya, diperkirakan karena dulunya tempat menyimpan uang (untuk anak-anak) berbentuk babi dan kecil. Akhirnya tempat itu kemudian dinamakan celengan.

Arti celengan kemudian merambah makin luas. Kotak amal masjid pun berganti nama menjadi celengan. Di kampung saya, istilah ma-celengan berarti menyimpan uang dalam kotak amal masjid sebagai sumbangan. “Menghitung celengan” bermakna menghitung sumbangan masjid atau uang masuk dari kotak amal, dan seterusnya.

Ada cerita menarik hari ini di masjid tempatku melaksanakan salat tarawih. Seperti biasa setelah rutinitas salat malam sampai witir berakhir, maka panitia kemudian mengumpulkan tiap kotak amal atau celengan menjadi satu, dan menghitung isinya. Biasanya panitia membagi pengedar celengan menjadi dua bagian. Beberapa orang laki-laki mengedarkan celengan untuk shaf laki-laki, dan beberapa perempuan untuk shaf perempuan.

Konon, setiap malam berlalu jumlah jamaah perempuan lebih banyak dari laki-laki, maka otomatis isi celengan lebih banyak dari jamaah perempuan.

Opini Terkait
1 daripada 304

“Malam lalu jumlahnya sejuta lebih,” kata salah satu panitia. Tak heran, panitia lebih fokus menghitung uang masuk dari celengan perempuan. Tapi tidak malam itu.

Panitia sibuk mencari celengan dari perempuan. Tak satupun ditemukan. Ada kekhawatiran panitia lupa mengedarkan, sehingga celengan itu tidak ada. Namun terbantahkan oleh saksi yang sempat nyumbang malam itu.

Hal lain, salah satu kotak celengan juga ditemukan namun kosong tanpa isi. Panitia masjid dan jamaah tersisa kaget bukan kepalang. Beberapa kekhawatiran melintas di benak masing-masing, dan yang paling dominan, jika isi celengan itu diambil oleh pihak tak bertanggungjawab.

Sampai tengah malam celengan itu masih dicari. Beberapa pihak pengedar sebelumnya juga telah dikonfirmasi, namun semua tak jelas. Apakah celengan beserta isinya akan raib begitu saja?, dan uang di dalamnya ikut sirna?. Kita tunggu kejadian selanjutnya, karena tak perlu menghubungi Polisi

Komentar
Loading...