Dampak Positif dan Negatif Siswa Membawa HP ke Sekolah

Dampak Membawa HP ke Sekolah

Ilustrasi

Masalah siswa membawa HP (Handphone) ke sekolah, terkadang menjadi pilihan sulit bagi guru. Sisi lain, siswa membawa HP memiliki dampak positif, sisi lain memiliki dampak negatif. Dua pilihan yang sulit, dan biasanya alternatifnya kembali ke peraturan sekolah.

Peraturan internal sekolah erat kaitannya dengan kultur, sosiologis, dan budaya sekolah. Hal ini berimplikasi kalau setiap sekolah akan memiliki kebijakan yang berbeda, beda sekolah maka peraturan yang digunakan juga.

Jika ingin memetakan dampak positif kebijakan sekolah melarang siswa membawa HP, maka ditemukan bahwa dampak negatifnya lebih besar dibandingkan dengan dampak positifnya. Namun tetap memperhatikan kondisi sosial, geografis dan kultur sekolah. Dalam artian, dampak positif negatif ini bisa jadi berbeda antara sekolah satu dengan sekolah lain.

Di sekolah saya misalnya, siswa dilarang keras membawa HP di lingkungan sekolah maupun saat pembelajaran berlangsung. Kebijakan ini tentunya memiliki tujuan yang baik untuk perkembangan anak didik di masa yang akan datang, karena pengaruh teknologi apabila digunakan tidak semestinya akan membawa dampak negatif bagi siswa itu sendiri.

Dampak Positif Membawa HP ke Sekolah

Siswa membawa HP ke sekolah memiliki dampak positif yang tidak bisa dianggap sepele. Arus informasi yang cepat dibutuhkan akses yang cepat pula, dan ini penting bagi siswa. Beberapa dampak positif yang penulis maksud adalah;

Opini Terkait
1 daripada 302
  1. Browsing cepat. Bukan tanpa alasan, tentunya kemajuan teknologi apabila dimanfaatkan dengan baik maka akan membawa kemajuan yang sangat intensif dalam hal menambah wawasan, siswa bisa browsing dengan cepat dan mencari sumber materi ketika proses pembelajaran.
  2. Pertukaran informasi. Betapa mudah akses informasi terkait pelajaran yang bisa didapat melalui HP saat di sekolah. Siswa juga tidak merasa terkekang kebebasannya, meski dalam bentuk membatasi kebebasan pertukaran informasi selama waktu sekolah baik dari siswa ke teman dekat mereka atau ke orangtua. Misalnya sekolah di kota besar, mempertimbangkan faktor keamanan saat pulang sekolah, maka siswa membawa HP dianggap penting.
  3. Komunikasi dengan orang tua. Dengan handphone, komunikasi dengan orangtua juga akan semakin mudah terutama saat pulang sekolah. Ini dipengaruhi oleh faktor sosial dan demografi. Di desa misalnya, komunikasi siswa saat pulang, tidak begitu urgen. Atau waktu datang dan pulang sekolah, sudah ditentukan sebelumnya.

Dampak Negatif Siswa Membawa HP ke Sekolah

Kebijakan sekolah melarang siswa membawa HP ke sekolah dipastikan karena pertimbangan dampak negatif yang dianggap lebih besar dibanding dampak positifnya. Beberapa dampak negatif tersebut, yaitu:

  1. Siswa yang membawa HP ke sekolah terkadang tidak fokus dalam belajar, selalu saja ada alasan penggunaan HP untuk hal lain meski saat pelajaran berlangsung.
  2. Dampak lain yang juga sangat penting adalah penyebaran dan pembuatan video tidak senonoh yang mudah dilakukan jika siswa membawa HP.
  3. Hubungan sosial antar sesama siswa diambil alih oleh kesibukan bermain HP. Penyakit Pubing melanda dan merusak interaksi sosial siswa saat berada di sekolah
  4. Dibutuhkan waktu dan tenaga extra untuk mengawasi siswa yang membawa hp ke sekolah. Jangan sampai waktu habis digunakan untuk sekedar selfie-selfie. Situs apa yang dibuka, dan hal-hal negatif lainnya. Ini terjadi di tengah kondisi guru yang jumlahnya terbatas.
perbandingan dampak positif dan negatif membawa HP ke sekolah
Info gambar perbandingan dampak positif dan negatif membawa HP ke sekolah

Pertimbangan sekolah akan berbeda tentunya. Pribadi melihat, dampak negatif pelarangan siswa membawa HP ke sekolah lebih mudah diantisipasi ketimbang dampak positifnya.

Misalnya dengan menyediakan akses internet, memberikan pemahaman bahwa kebebasan bukan berarti tanpa batas, dan memberlakukan ketepatan waktu sesuai aturan. Dengan begitu, semua masalah akan terakomodir dengan baik, dan tercapai solusi yang efektif.

 

Komentar
Loading...