Dua Tempat Berbahaya yang Jarang Kita Sadari

Semua manusia mendambakan tempat aman dan tidak berbahaya. Keamanan pilihan pertama yang kemudian dibarengi dengan kenyamanan. Dari hampir semua desain rumah etnis dan suku, faktor menghindar dari bahaya menjadi hal paling berpengaruh dalam bentuk rumah. Tak heran, tiang tinggi dari bentuk rumah masa lalu, menjadi pilihan ancaman bahaya binatang buas.

Sebagai contoh; Adam as, sebagai manusia pertama tinggal dan hidup lama di surga, karena di sana aman dan nyaman. Dalam mitologi, tanah terbaik adalah yang letaknya lebih tinggi. Tersirat makna menjauh dari beberapa bahaya, seperti banjir. Bahkan dalam al-Quran, perumpamaan desa atau tempat terbaik, diawali dengan legitimasi aman, artinya faktor jauh dari bahaya merupakan nikmat pertama dari pemilihan suatu tempat.

Mengetahui tempat berbahaya secara kasat mata sebenarnya mudah. Dengan melihat kondisi sekitar, rutinitas alam, dan kemungkinan terburuk dari sebuah kejadian, tempat berbahaya itu bisa diketahui. Namun, ada tempat berbahaya dan sering dimasuki manusia. Tempat berbahaya yang dimaksud, kurang dipahami secara umum. Padahal tempat ini, rutin dikunjungi setiap saat.

Musuh utama manusia beragama terutama muslim, adalah iblis. Akibat makar iblislah Adam as terusir dari surga setelah sebelumnya enggan bersujud kepadanya atas perintah Tuhan. Dalam al-Quran disebutkan, akibat keengganan iblis sujud itulah, murka Tuhan tertimpa, dan mengusir iblis dari surga.
Sebelum keluar dari surga, iblis meminta sesuatu kepada Tuhan.

Ada 10 permintaan Iblis, semua dikabulkan, dan semua berbahaya bagi manusia. Permintaan yang paling berbahaya, adalah hak penuh iblis menggoda manusia dari sisi kiri, kanan, depan dan belakang. Dari 10 permintaan itu pula, ada dua yang berkaitan dengan tempat. (Baca: cara:ibis menggoda manusia)

Pertama, iblis meminta agar pasar menjadi masjid mereka. Tak heran, jika tempat tipu menipu, makar, bohong dan sejumlah dosa besar lainya, kebanyakan terjadi di pasar.

Sabda Nabi saw: Seburuk-buruk tempat adalah pasar (at-Turmudzi)

Opini Terkait
1 daripada 123

Hal menarik, ketika justru pilihan tempat elit masa sekarang adalah yang dekat dengan pasar. Bisa dilihat dari harga tanah sekitar pasar melambung tinggi. Motivasinya, apalagi selain ekonomi. Padahal, dengan asumsi di atas, salah satu tempat berbahaya adalah pasar.

Kedua, iblis meminta agar kamar mandi menjadi rumahnya.

Pada setiap rumah pasti memiliki kamar mandi atau tempat melakukan MCK. Banyak yang tak menyadari, sebersih dan se-lux apapun kamar mandi, merupakan tempat berbahaya karena merupakan salah satu dari 10 permintaan iblis yang dikabulkan.

Tempat paling berbahaya berdasarkan hadis
Ilustrasi

Fenomena mitos yang bisa dikaitkan bahwa kamar mandi adalah tempat berbahaya; setiap orang yang ambruk di kamar mandi karena suatu penyakit, terkadang berakhir dengan ajal. Mungkin hanya kebetulan. Itulah sebabnya, perilaku kecil namun diatur secara syar’i dengan detil, adalah masuk kamar mandi. Membaca doa, arah tepat ketika buang air besar, sampai aturan kaki dalam melangkah, tak luput diatur dalam fikih.

Akhirnya, mengetahui tempat berbahaya menjadi penting sebagai motivasi kehati-hatian. Tempat berbahaya, bukan hanya dalam kondisi perang, menghindari ancaman alam dan binatang buas, namun tempat berbahaya juga tersirat pada dua dari sepuluh permintaan iblis yang dikabulkan Tuhan.

Sekian opini kali ini. Mau buang air dan ke pasar dulu 🙂

Loading...