Es Cendol Oh Es Cendol….

Apa menu buka puasa Anda hari ini, jusdur atau es be yey??. Demikian broadcast BBM yang masuk di gadget-ku. “Ada-ada saja.” Bukan karena kata nyentriknya tapi mengingatkan saya pada menu buka puasa kemarin, Es Cendol. Saya balas, “minumnya Es Cendol, dengan jagung laksono, ubiranto, dan mie gawati dengan sedikit sup kalla.”

Manis, segar dengan aneka rasa, adalah sebagian dari nikmatnya Es Cendol. Selain karena kalori tinggi yang terkandung dalam Es Cendol, minuman pelepas dahaga ini dinilai mampu menghilangkan rasa haus, lebih baik dari minuman sejenis lainnya.

Sebuah lembaga Internasional, konon pernah melakukan penelitian terhadap makanan dan minuman yang memiliki rasa terbaik pengobat rasa lapar dan haus. Dan dari seluruh makanan dan minuman yang ada di dunia, Es Cendol masuk peringkat 45 minuman terbaik pengobat rasa haus. Bahhh…

Pada bulan Ramadhan, Es Cendol banyak dijajakan pada sore hari. Meski banyak penjual Es Cendol bersaing, namun karena rasanya yang khas dan cocok sebagai minuman pelepas dahaga saat berbuka, pelanggan terkadang kehabisan karena telat berebut membelinya.

Opini Terkait
1 daripada 123

Persaingan antara penjual Es Cendol ini kemudian membuat para penjual Es Cendol melakukan sesuatu pada campuran Es Cendol yang dijualnya. Sebut saja dengan memberikan tawas. Hasil serutan tawas yang dilarutkan pada campuran Es Cendol membuat penampilan Es Cendol lebih bening dan rasanya lebih kental. Sebenarnya hal ini tidak dilarang, jika kadar tawas yang dipakai tidak berlebihan atau sekedarnya saja.

Banyak pula dari penjual Es Cendol yang menggunakan pewarna dan pemanis buatan dalam rangka mengejar keuntungan lebih dibanding dari pemanis asli. Bahkan beberapa penjual Es Cendol mengaku menggunakan pewarna batik pada campuran Es Cendol yang dijualnya. Kalau ini berbahaya… !

es cendol
Ilustrasi

Dua hal di atas, tentu menuntut kehati-hatian pembeli dan penikmat Es Cendol terutama pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Sebaiknya berhati-hatilah memilih penjual Es Cendol. Ada baiknya penjual adalah langganan, dan telah Anda kenal sebelumnya, dan jangan ragu untuk menanyakan langsung kepada penjual mengenai campuran Es Cendol yang dibuatnya. Karena rasa tak sabar dari rasa haus dan sosok Es Cendol berbaur menjadi satu dan terkadang membuat kita lupa.

Loading...