Fakta Menarik Tentang Olahraga Pencak Silat

Fakta Menarik Pencak Silat

Pencak silat, kita tentu sudah tahu bahwa olah raga satu ini merupakan salah satu olah raga asli dari Indonesia.

Pencak silat banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dan setiap daerah memiliki ciri-ciri gerakannya sendiri. Selain keasliannya dari Indonesia, yang membanggakan dari olah raga ini adalah pencak silat juga sudah menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan dalam berbagai event olahraga di dunia.

Selain fakta-fakta tersebut, terdapat beberapa fakta menarik tentang pencak silat itu sendiri yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik tentang olah raga pencak silat.

Fakta Menarik Pencak Silat

Pertama, pencak silat menjadi olah raga asli Indonesia yang masuk ke dalam kurikulum di salah satu universitas di Amerika Serikat. Universitas yang memasukkan olah raga bela diri ini ke dalam kurikulumnya yakni American University yang berlokasi di Washington DC. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggan bahwa penduduk di negeri Paman Sam ini begitu menghargai pencak silat.

Padahal di Indonesia sendiri olah raga ini belum dimasukkan sebagai pelajaran olah raga yang harus dipelajari di sekolah ataupun di universitas. Hal ini juga menjadi keprihatinan bahwa orang lain yang notabene bukan pemilikik olah raga ini lebih mampu menghargai pencak silat daripada pemiliknya sendiri.

Opini Terkait
1 daripada 304

Fakta unik kedua yang cukup menarik adalah pencak silat tidak hanya mengajarkan ilmu bela diri fisik melalui tendangan, pukulan ataupun tangkisan, tetapi pencak silat juga mengajarkan tentang kekuatan non fisik berupa tenaga dalam.  Hal ini memungkinkan para pesilat dapat tahan terhadap serangan-serangan lawan seperti serangan senjata tajam. Selain itu, latihan tenaga dalam juga memberikan manfaat yakni pesilat dapat menyerang lawan dalam jarak yang cukup jauh.

Ketiga, seorang pesilat harus melewati tahap spiritual seperti bertapa ataupun bersemedi dalam mempelajari ilmu bela diri yang memerlukan konsentrasi yang tinggi ini. Hal ini ditujukan agar seorang pesilat dapat mencapai tingkat tertinggi dari ilmu bela diri tersebut.

Selain itu, tujuan dari adanya kegiatan semedi dan bertapa ini juga didasari karena pencak silat juga tidak hanya mengajarkan bagaimana melumphkan lawan, tetapi juga membentuk kepribadian seorang pesilat agar menjadi lebih baik.

Sebagai kesimpulan, bagi saya olahraga bela diri merupakan olah raga asli Indonesia yang sangat membanggakan karena telah banyak dikenal oleh masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Terlebih lagi olah raga ini menjadi cabang olah raga yang dipertandingkan dalam berbagai pertandingan olah raga baik tingkat nasional maupun internasional.

fakta unik pencak silat
Ilustrasi fakta unik pencak silat

Selain itu, yang lebih membanggakan lagi, olah raga pencak silat merupakan salah satu olah raga yang masuk dalam kurikulum di universitas di Amerika. Tak cukup dengan itu, pencak silat juga unik dengan ilmu tenaga dalam yang juga diajarkan dalam olah raga yang satu ini.

Fakta terakhir yang cukup menarik adalah pesilat diharuskan untuk melakukan serangkaian kegiatan kebatinan dalam mempelajari olah raga pencak silat. Melihat banyaknya keunikan dan fakta menarik tentang pencak silat ini, tentu tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak bangga dengan olah raga asli negeri kita ini.

Komentar
Loading...