Gulat Wanita Melawan Pria, Siapa Bakal Menang ?

Gulat Wanita

0 20

Olahraga memang memiliki cabang yang sangat bervariasi jenisnya, mulai dari olahraga yang biasa saja hingga yang bersifat menantang. Salah satu yang bersifat menantang atau esktrim adalah gulat. Gulat merupakan olahraga yang merupakan penggabungan dari beberapa olahraga ekstrim seperti, tinju, karate, taekwondo dan lain-lain. Kenapa demikian, karena gulat sendiri adalah olahraga yang membebaskan pemainnya untuk menendang, memukul dan melakukan trik apapun agar lawannya terjatuh dan tak mampu melawan lagi.

Meskipun olahraga ini pada dasarnya hanya cocok untuk para pria, akan tetapi di negara-negara maju di benua Amerika dan juga Eropa sudah banyak wanita yang juga ikut dalam olaharaga yang satu ini, bahkan tak jarang seorang pegulat wanita rela melawan pegulat pria. Meskipun fisik wanita secara kasat mata lemah dibandingkan dengan pria akan kalah. Tapi, jangan salah, pasalnya kekuatan mereka baik itu laki-laki ataupun wanita hampir tidak ada bedanya. Bahkan dalam beberapa artikel, gulat wanita melawan pria bukan hal aneh lagi, bahwa ada pegulat wanita pernah mengalahkan pegulat pria.

Untuk menjawab siapa bakal menang jika gulat wanita melawan pria, maka perlu diketahui bahwa jaringan pembentuk otot yang dimiliki oleh pria dan wanita itu disusun dengan bahan yang sama, hanya saja yang membedakan adalah massa otot wanita lebih kecil bila dibandingkan dengan massa otot laki-laki. Selain itu, otot wanita juga memiliki ukuran serabut yang lebih halus serta massa lemak yang lebih tinggi.

Meski demikian, penelitian yang telah dilakukan oleh Walter Reed Army Institute of Research yang dilakukan pada tahun 2005 di Washington menemukan fakta yang sangat unik. Dimana penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan sampel meliputi 342 wanita dan 243 pria dewasa. Semua sampel dalam penelitian ini sendiri digenjot dengan latihan fisik yang sama selama 12 minggu. Dan pada akhirnya, semua sampel dikur mengenai tingkat perkembangan ototnya antara lain otot bicep dan tricep.

Hasil dari penelitian tersebut diketahui bahwa pria mengalami perkembangan otot yang lebih tinggi yaitu mencapai 20% sedangkan wanita hanya mengalami perkembangan sebanyak 18% saja. Berarti otot pria 2 % lebih cepat berkembang daripada wanita jika melakukan pelatihan yang sama dengan para pria.

Posisi pria yang lebih untuk urusan perkembangan otot dalam penelititian ini berbanding terbalik dengan wanita lebih tinggi dalam hal peningkatan kekuatan ototnya. Dan hal yang dapat kita jadikan referensi mengenai mengapa pegulat wanita bisa memenangkan pertandingan meskipun melawan pegulat pria adalah wanita memiliki kecenderungan untuk memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada pria jika melakukan porsi latihan yang seimbang atau sama degan para pegulat pria.

Dengan demikian, jika pria bergulat dengan wanita itu tidak pasti akan dimenangkan oleh pria. Pasalnya jika porsi latihannya sama, lelaki hanya akan memiliki perkembangan yang signifikan dengan masa ototnya yang membuatnya tampak lebih kekar dan menakutkan untuk bermain gulat. Sementara wanita, meskipun tidak memiliki tubuh yang kekar dengan pria, tetapi kekuatan mereka cenderung akan terus meningkat. Lebih dari itu, perlu juga diketahui bahwa gulat adalah permainan yang mengedepankan kekuatan ketimbang besarnya otot-otot yang dimiliki.

Komentar
Loading...