Hal Penting dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa

karya tulisa ilmiah mahasiswa

Menulis adalah sebuah seni. Semua orang bisa menikmati proses penulisan. Namun, bagi sejumlah besar mahasiswa, menulis seakan bagai kulit kacang yang akan dibuka dengan bibir. Sangat sulit terutama jika tidak terbiasa untuk itu.

Banyak psikolog pendidikan mengemukakan solusi untuk masalah ini. Mereka sepakat bahwa mahasiswa memang membutuhkan solusi bagaimana membuat, menghasilkan dan menulis karya ilmiah yang baik.

Sebagian besar mahasiswa bercita-cita untuk menulis karya ilmiah sendiri, akhirnya gagal untuk karena kurang percaya diri. Mereka tidak yakin apakah mereka dapat melakukan atau tidak.

Mereka sepenuhnya menyadari fakta bahwa mereka membutuhkan bimbingan. Tapi mereka tidak tahu dan terkadang malas mencoba. Akhirnya alternatif pilihan yang lumrah adalah internet sebagai sumber daya yang handal untuk tujuan akademis mereka.

Jika dilakukan dengan cara ilmiah dan sistematis, menulis bisa menjadi tugas yang mudah bagi semua. Dalam rangka mempersiapkan kualitas tersebut, para mahasiswa perlu mengetahui hal-hal dasar tertentu tentang menulis karya ilmiah. Ini benar-benar berbeda dari jenis tulisan lain.

Sebuah karya ilmiah harus berisi semua komponen menulis secara harmonis, harus original dan tepat. Mahasiswa harus menjauhkan diri dari hal yang bertele-tele dan menjelaskan pembahasan secara rinci. Upaya seperti itu akan membuat pembimbing/ dosen percaya akan kualitas karya ilmiah mahasiswa.

Hal yang sangat penting untuk membuat pembimbing terkesan, adalah dengan mempersiapkan tulisan secara menarik dan koheren.

Hindari klaim dan subyektivitas dari tiap tulisan. Kesan subyektif bisa saja dalam keadaan terpaksa yaitu ketika menjelaskan sebuah produk. Jenis karya ilmiah baik adalah yang terbuka dalam menggunakan semua pengalaman dan emosi, dan kebanyakan membutuhkan observasi langsung, dan dilakukan dengan rincian dan analisis yang tepat.

Ketika telah siap dan mencoba menulis karya ilmiah, persiapkan sebanyak mungkin bahan yang diperlukan. Kutipan yang tepat merupakan langkah yang jitu dalam menulis sebuah karya ilmiah. Kurangnya kutipan yang tepat membuat pembimbing mengira karya ilmiah itu adalah plagiasi, yang merupakan ancaman besar bagi seluruh akademisi, karena menyajikan ide orang lain dengan klaim milik penulis.

karya tulisa ilmiah mahasiswa

 

Selanjutnya, susunlah draf karya ilmiah dengan teliti. Jika seorang mahasiswa bisa membuat draf berkualitas, maka keberhasilan di depan mata. Draf adalah elemen penting dalam seluruh proses penulisan karena di dalamnya terdapat langkah-langkah sistematis dalam penulisan.

Sebuah draf, adalah sebuah karya ilmiah yang diminimalkan, atau miniatur karya ilmiah. Para mahasiswa dapat dengan mudah mengembangkan poin dalam draft untuk menyiapkan karya ilmiah berkualitas. Singkatnya, jika seorang mahasiswa dapat memastikan draft berkualitas, maka dia bisa membuat karya ilmiah yang luar biasa.