Ini Ulama yang Memiliki Ilmu Kesaktian Tinggi

Kisah Ulama Sakti

Sebenarnya, hampir semua ulama memiliki kesaktian. Arti ulama sebagai orang yang berilmu tidak terbatas pada bahwa seorang ulama tersebut hanya memiliki pengetahuan saja. Karena pengetahuan yang banyak dipahami banyak orang sesuatu yang rasional. Sedangkan pengetahuan para ulama banyak yang suprarasional.

Seorang ulama apalagi seorang Habib, anak keturunan Rasulullah saw yang memiliki ketakwaan, pasti memiliki karomah sehingga saat karomah itu dilihat oleh masyarakat umum, maka diangap sebagai kesaktian.

Karomah diberikan oleh yang Maha Pencipta kepada orang tertentu. Kelebihan tersebut merupakan hadiah dari Allah atas ketakwaan dan dan kualitas keimanannya. Seperti 5 ulama sekaligus Habib berikut yang diberikan kesaktian oleh Allah swt:

Pertama: Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid yang lebih dikenal dengan nama Habib Sholeh. Beliau seorang ulama sakti yang berasal dari Hadramaut. Datang berdakwah ke Indonesia pertama kali sekitar tahun 1921 masehi dan menetap di daerah tanggul Jember Jawa Timur. Dari beberapa pengakuan muridnya, beliau merupakan Habib yang pernah ditemui Nabi Khidir as di stasiun kereta api. Dikisahkan bahwa Habib Sholeh bertemu dengan seorang pengemis, namun ketika bersalaman tangan orang tersebut sangat lembut tak bertulang.

Ada banyak kesaktian Habib Sholeh. Misalnya saat seorang ajudan menghilangkan pulpen berharga milik Seorang jenderal saat dibawa ke pasar. Pulpen tersebut merupakan hadiah dari Presiden Amerika Serikat.

Merasa terancam karena pulpen itu milik atasannya, ajudan tersebut meminta tolong kepada Habib Sholeh. Namun sebelum membantu, beliau menyuruh ajudan tersebut mencari kembali berkali-kali ke pasar. Beberapa waktu kemudian Habib Sholeh masuk kedalam kamarnya dan keluar dengan memberikan pulpen persis seperti puplen yang dihilangkan ajudan tersebut.

Kedua: Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Darul Musthofa yang berada di Kota Tarim Hadramaut Yaman. Habib Umar adalah salah satu tokoh ulama abad ini yang memiliki murid yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Habib Umar memiliki ilmu sangat tinggi. Ia menguasai berbagai bidang ilmu agama Islam dan hapal ratusan ribu hadis. Tak heran jika derajat ke-wali-an pun nampak pada diri beliau.

Diceritakan oleh salah seorang muridnya bahwa terdapat 1 kesaktian ulama ini yang pernah dia lihat. Saat Habib Umar sedang umroh di Mekkah, beliau menerima telepon bahwa salah seorang telah wafat. Mendengar kabar tersebut dengan tegas menjawab tidak. Ternyata ucapan beliau saat mengatakan tidak, dalam waktu bersamaan, orang yang dianggap wafat itu bergerak dan hidup kembali atas izin Allah swt

Opini Terkait
1 daripada 3

Ketiga: Habib Hasan bin Muhammad al-Haddad. Ulama sakti ini dikenal dengan Arif Billah al-Habib Hasan bin Muhammad al-Haddad. Seorang ulama yang berasal dari Seberang Ulu Palembang Sumatera Selatan. Kelahiran tahun 1727 dan wafat ketika dalam perjalanan dakwah ke pulau Jawa.

Hampir keseluruhan umurnya digunakan untuk menuntut ilmu di Hadramaut, Yaman, negeri para wali.

Menurut salah seorang muridnya, ketika jamaah bermaksud memindahkan makam Habib Hasan tersebut ke pelabuhan, tiba-tiba makam beliau menghilang secara mistrius. Dan anehnya, setiap malam para pekerja melihat orang berjubah putih yang memancarkan cahaya duduk berdzikir di dekat pohon pisang samping makam beliau.

Hingga seorang meminta dan berdoa agar makam beliau dapat dipindahkan, barulah makam itu bisa dipindahkan.

Keempat: Habib Ahmad atau habib Kuncung. Lahir pada 14 November 1838. Beliau menghabiskan umurnya untuk belajar ilmu agama dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Belanda, Malaysia dan Singapura. Beliau juga belajar ilmu dari sejumlah ulama di Indonesia.

Nama Kuncung disematkan karena Habib Ahmad memakai kopiah dari bangsawan Bugis dan bentuknya lonjong runcing ke atas.

Banyak muridnya menceritakan kalau Habib Kuncung bisa menghilang dan sangat ditakuti karena memiliki kesaktian dan ilmu kanuragan. Hebatnya, Habib Kuncung akan selalu muncul memberi bantuan secara tiba-tiba saat orang dalam kesulitan dan sangat memerlukan bantuan.

Kelima: Habib Syaikhan bin Musthofa al-Bahar. Beliau dikenal dengan nama Habib Syehan. Seorang adalah ulama yang sakti dan kelakuan yang nyeleneh. Kesaktian beliau menurut kisah para muridnya adalah sering menghilang jika karomahnya sudah terlihat, dan sangat susah dicari. Beliau terkadangberpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain dengan cepat.

Suatu ketika ada seseorang yang murid beliau mengajak Habib dengan segera ke acara maulidan, karena takut kemalaman. Namun Habib Sehan malah menyuruh orang itu berangkat terlebih dahulu sambil sedikit marah. Anehnya pada saat orang tersebut sudah sampai di majelis, ternyata Habib Sehan sudah sampai dan duduk di depan bersama para Habaib lainya.

Demikianlah kisah ulama sakti yang ada di Indonesia. Semoga kisah ini bisa menjadi pengetahuan bari sekaligus inspirasu buat kita semua.

Loading...