Kenapa Berwudhu? Mengungkap Secuil Rahasia Wudhu

Rahasia Wudhu

Bagi yang beragama Islam, mungkin tak asing lagi dengan wudhu. Wudhu adalah pekerjaan sepele, mudah dilakukan, namun tanpa iman atau minimal pengetahuan secuil dari rahasia air wudhu, terkadang wudhu dilakukan seadanya saja.

salat berjamaan sebagai kegiatan rutin terjadwal di sekolah, kerap kali sengaja dihindari oleh para siswi. Dengan seribu satu macam alasan, ternyata tujuan menghindarinya kebanyakan alasan menjaga muka dari air (wudhu) yang dilakukan.

Lain lagi dari ketika pesta pernikahan yang pastinya dihadiri rata-rata perempuan dengan make up luar biasa. Meninggalkan salat, bukanlah karena malas sebagai alasan utamanya, namun takut jika dandannya terkena air wudhu.

Dua kejadian tersebut, mungkin hanyalah contoh dari sekian banyak kejadian meninggalkan wudhu. Bagaimana cara supaya ketakutan terhadap wudhu, bisa dibuang jauh-jauh?, bagi saya, salah satunya dengan memberikan pemahaman, bahwa dalam wudhu terdapat beberapa rahasia (setidaknya menurut saya), dari setiap bagian tubuh yang terkena basuhan air.

Wudhu secara bahasa artinya bersih dan indah. Artinya, bagian yang terkena air, tujuan utama adalah membersihkan atau meng-indah-kan. Ketika berwudhu, kepala, muka, tangan, kaki dan bagiannya harus dibasuh. Dengan kata lain, kepala, muka, tangan, kaki dan bagiannya, butuh kebersihan dan atau keindahan. Kenapa?

Sadar atau tidak, dalam tubuh manusia, ada tiga sumber utama dari dosa, yaitu Kepala (termasuk muka), tangan dan kaki, serta bagiannya. Ada sembilan lubang dalam diri manusia, tujuh diantaranya berada di kepala.

Opini Terkait
1 daripada 303

Pertama, mulut menjadi instrumen potensial mengobral dosa. Makian, umpatan, kebohongan lisan sumbernya dari sini. Kedua, dua lubang hidung sebagai sumber penciuman pemancing maksiat, atau penciuman dalam arti mencium gelagat. Ketiga, dua mata sebagai sumber penglihatan yang dilarang. Keempat, dua lubang telinga dari pendengaran. Suara tak berguna dan menjadi dosa, gerbang masuknya dari dua lubang telinga.

Kenapa lubang yang ada sebagai bagian kepala perlu dibersihkan?, jawabnya karena manusia kerap melupakannya. Sangat berbeda dengan dua lubang anus dan kelamin. Terdapat perbedaan dikarenakan sisi kesadaran akan adanya sesuatu yang tidak bersih.

Kemudian, mari kita lihat lengan sampai siku dan kaki. Kedua bagian tubuh ini, adalah akhir dari patahan elastis. Lengan dengan siku, kaki dengan pergelangannya. Setiap tungkai pasti tak sekuat dari batang atau induk tungkainya. Dari sini, tersirat kesan dan makna tak kuat dari lengan dan kaki.

Dalam kehidupan, sifat tak kuat itu, ditunjukan dengan mudahnya lengan mengambil sesuatu yang bukan haknya, dan kaki yang melangkah dengan mudah ke arah tempat yang dilarang. Makanya, perlu dikuatkan dengan membersihkanya, dan salah satu caranya dengan air wudhu.

Terakhir, adalah rambut. Terjadi perbedaan mazdhab fikih mengenai cakupan basuh terhadap rambut. Ada yang mengatakan seadanya, dan ada pula yang mengatakan, seluruh bagian kepala yang ditumbuhi rambut.

rahasia wudhu
Ilustrasi

Penulis hanya mendapatkan makna keindahan dari basuhan air wudhu terhadap rambut ini. Tiada yang memungkiri, bahwa rambut terindah adalah yang basah atau seperti basah, dan mengkilap. Dengan air wudhu, yang demikian akan terlihat.

Komentar
Loading...