Masalah Pengunjung Blog Menurun dan Tips Mengatasinya

  • Bagikan
Pengunjub blog menurun 1

Pengunjung blog menurun? Seorang blogger umumnya pernah merasakan trafik pengunjungnya menurun. Hal ini pun pernah saya alami beberapa kali. Kejadian yang terjadi di blog pertama saya, mendorong untuk menganalisa berbagai masalah baik dari pengalaman ataupun membaca referensi-referensi hebat para blogger.

Nah, dari pengalaman itu ternyata ada beberapa masalah yang kadang “belum” terpikirkan, bahwa pengunjung blog menurun disebabkan dua hal secara umum; pertama masalah internal blog itu sendiri, dan yang kedua masalah eksternal.

Artikel kali ini akan membahas masalah pengunjung blog yang berkurang baik dari sisi sebab internal, eksternal maupun tips mengatasi masalah tersebut;

Masalah Internal pengunjung blog menurun

Masalah internal yang dimaksud di sini adalah;

  1. Konten musiman
  2. Objek konten
  3. Frekuensi posting
  4. Kualitas posting
  5. Promosi
  6. Crawl Error
  7. dan kurang berdoa

Pengunjub blog menurun 1Konten musiman

Misal saja kita memiliki sebuah situs yang menyangkut tentang dunia pendidikan dan menyediakan berbagai soal-soal untuk ujian dan sebagainya. Begitu mendekati tanggal-tanggal ujian situs kita begitu hebat dengan pengunjung yang antusias mencari referensi soal untuk persiapan ujian. Tetapi begitu ujian selesai otomatis mereka akan melupakan situs kita karena mereka tak membutuhkan lagi sehingga blog kita pengunjungnya akan menurun dan sepi.

Nah, inilah contoh konten musiman. Dimana ada satu waktu puncak ledakan pengunjung, tetapi di lain waktu itu situs kita sepi. Tentunya hanya situs-situs tertentu yang mengalami dampak seperti ini.

Tips mengatasinya: Bagi Anda yang mempunyai blog semacam ini, harus pandai-pandai dalam strategi posting. Mempublikasikan hal yang tepat dengan keadaan.

Misal anda posting “Bagaimana menghadapi sekolah baru?” di bulan Juli, atau “Bagaimana cara menentukan jurusan?” sebelum kenaikan kelas. “Liburan yang bermanfaat” pada masa liburan. “Tips mengatasi kejenuhan belajar” atau “Cara menghadapi ujian yang baik” di pertengahan masa sekolah dan masa ujian.

Dengan cara itu bisa mengantisipasi pengunjung blog menurun, karena konten anda terlihat dan dibutuhkan secara berkesinambungan

Objek postingan

Begitu Anda membuat blog seharusnya Anda menyadari pentingnya objek. Sekali lagi saya selalu berkata “jangka panjang.” Jika Anda sudah mempunyai objek postingan maka akan mudah bagi Anda posting dari hari ke hari.

Misalnya, konten terkait politik, maka yang perlu diperhatikan siapa pembaca konten politik, frekuensinya berapa, dan persaingan dengan siapa? Dengan mengenal hal itu, maka konten postingan Anda akan tepat sasaran.

Tips mengatasinya: usahakan objek anda tidak statis, tapi dinamis, artinya objek bahasan anda selalu berkembang. Untuk hal ini, bisa diakali pada bentuk postingan bersambung, atau mengambil objek bahasan yang berbeda, tapi kita hubungkan

Frekuensi posting

Sudah jadi rahasia blog yang digemari adalah blog yang selalu update. Jika trafik blog Anda menurun mungkin Anda perlu berpikir ‘seberapa sering Anda posting’.

Tips mengatasinya: Selalu update blog Anda secara konsisten. Isi blog bukan banyaknya. Jangan katakan mampu posting 50 artikel sehari, tapi hanya berjalan seminggu, setelah itu diam.

Bahkan ada yang menyarankan posting jangan terlalu sering karena mungkin beberapa artikel Anda tak akan tersentuh karena pembaca tak mengetahuinya. Jangan terlalu jauh karena ini dunia ‘penuh’ persaingan. Usahakan jadi yang pertama.

Kualitas konten yang tidak standar

Kualitas post yang buruk berupa, kesalahan data, atau data yang sudah bukan kebutuhan pengunjung anda lagi, kesalahan penulisan, dan hal lain terkait isi konten tentu akan membuat pembaca/pengunjung anda lari, dan akhirnya trafik blog menurun

Kualitas konten juga terkait dengan artikel standar SEO, yaitu bagaimana konten blog Anda disukai mesin pencari

Tips mengatasinya: sebelum anda mempublish sebuah postingan, sebaiknya anda baca dulu di word (jika bentuk tulisan), anda cek akurasinya dst. Selanjutnya, pelajari penempatan kata kunci, karena ini terkait SEO.

Susah amat? Memang seh pekerjaan blogging gampang-gampang susah

Malas promosi

Terkadang anda menjumpai blog sederhana, isinya tidak seberapa dengan konten yang juga biasa-biasa, bahkan mungkin copy paste, tapi trafik pengunjungnya melebihi blog tempat ngejiplak. Kenapa? Salah satu penyebabnya, adalah promosi blog

Tips mengatasinya: promosikan blog anda di jejaring sosial, facebook, twitter dll. Tautkan link anda ke situs lain. Lebih bagus lagi anda iklankan di google

Crawl error

Crawl error yaitu link yang sudah tidak bisa dibaca atau dirayapi lagi oleh mesin pencari. Sialnya, crawl error akan mempengaruhi kualitas blog secara keseluruhan dan akhirnya membuat pengunjung blog menurun.

Tips mengatasinya, hapus crawl error tersebut, jika dalam blog anda terdapat link yang sudah tidak ada lagi (terhapus), tapi sudah ditautkan di situs lain, mintalah situs tersebut untuk menghapusnya, karena link yang sudah mati tetapi masih terpasang membuat “jengkel” robot saat perayapan.

Kurang berdoa

Mungkin kelihatan nyentrik, tapi siapa yang membuat seseorang tergerak hatinya untuk mengunjungi situs kita yang mungkin jutaan situs mirip, atau jutaan saingan kita?? Pikirkan sendiri..

Masalah eksternal pengunjung blog menurun

Masalah eksternal yaitu penyebab trafik blog menurun bukan disebabkan dari blog kita, tapi dari pihak lain, entah itu persaingan atau natural. Berikut poin masalah eksternal yang saya maksud:

  1. Persaingan dengan blog dan web besar
  2. Kualitas hosting/server
  3. Update logaritma mesin pencari
  4. Hijack

Pengunjung blog menurun3Persaingan blog/web besar

Kadang kita menulis artikel bermanfaat, temuan baru, lengkap dengan data, gambar dan video, tapi di pencarian kita kalah dengan konten biasa-biasa saja. Siapa yang mengalahkan kita? Blog atau web besar yang memiliki autority yang tinggi.

Mungkinkah blog kita juga memiliki autority yang tinggi? Banyak hal yang mempengaruhi; umur domain, kontinuitas konten bermutu, jumlah pengunjung, dll.

Mengatasi persaingan blog jangan diambil hati. Teruslah memposting konten berkualitas. Seiring waktu berjalan, blog Anda akan menjadi besar dan domain autority nya akan naik nantinya.

Kualitas hosting atau server

Bagi blogger yang menggunakan server atau hosting sendiri, maka kualitas hosting akan mempengaruhi trafik blog. Contoh paling sederhana, saat pengunjung blog lagi ramai-ramainya, tiba-tiba server down, akhirnya laman situs tidak bisa diakses. Fatalnya, hal itu bisa menjadi penyebab crawl error.

Sulusinya, gunakan hosting atau server yang sudah diakui para blogger. Cek fitur sebelum membeli. Murah boleh asal tidak murahan

Update logaritma mesin pencari

Google dan beberapa situs mesin pencari lainnya senantiasa melakukan update. Update yang dimaksud biasa terkait standarisasi konten terbaik di mata mesin pencari itu.

Misalnya, konten yang disukai hari ini adalah konten yang baru atau ada hal baru di dalamnya. Besok update, selain hal baru, konten yang disukai mesin pencari jika terdapat diagram gambar di dalamnya.

Banyak keluhan dari para blogger, selepas update mesin pencari, tiba-tiba pengunjung blog menurun drastis. Pasti ada yang salah!

Solusi, ikuti terus perkembangan logaritma pencarian, apa yang disukai kita ikuti. Namun yang terpenting, selama konten kita bermutu, update apapun tidak akan terlalu berpengaruh.

Hijack

Ini terkait dengan orang iseng atau sengaja meng-hijack blog kita dengan dua cara, masuk ke panel melalui backdor. Biasanya dari theme atau plugin nulled, atau mengambil alih admin di Google webmaster.

Selain mengubah tampilan di mesin pencari, para hijacke bahkan mengubah URL situs sehingga mengarah ke situs lain. Akibatnya apa? Jelas, pengunjung blog akan menurun, bahkan ke titik nol.

Pernah mengalami, tiba-tiba blog Anda di mesin pencari tampilannya bahasa Jepang? Atau tiba-tiba blog kita hilang dari pencarian? Itu kemungkinan besar karena ulah hijacker.

Trik mengatasi hijacker bagi website dengan hosting atau server pribadi:

  1. Backup rutin
  2. Gunakan theme dan plugin terbaru dan bukan nulled
  3. Gunakan plugin wordfance
  4. Cek berkala blog kita di mesin pencari dengan mengetik site: namablog. com

Setelah semua teratasi, perbaiki URL blog dan fetch ulang di Google webmaster.

Oke teman-teman blogger yang ganteng setelah saya, saya kira demikian cara mengatasi blog yang pengunjungnya menurun. Mungkin masih ada? Bisa kita diskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat…

  • Bagikan