Memahami Wibawa dan Cara Agar Berwibawa dengan Mudah

Cara Agar Berwibawa

Manusia itu satu, orang yang banyak, kualitas diri tiap orang berbeda, dan kualitas diri itulah yang menentukan seseorang berwibawa atau tidak. (Baca: Perbedaan manusia, orang, dan diri)

Saya pernah berada dalam suatu pesta, banyak pejabat hadir, bupati sampai gubernur. Tiba-tiba seseorang masuk dan semua orang berdiri sebagai tanda hormat.

“Siapa orang itu?” Saya bertanya kepada orang di sisiku.

“Entahlah, saya berdiri karena kelihatannya dia sangat berwibawa.” Jawabnya spontan.

Definisi Wibawa

Apa sih wibawa itu? Wibawa terkait dengan daya tarik, tapi bukan karena faktor fisik, meski fisik juga mempengaruhi kewibawaan. Wibawa adalah pembawaan, pembawaan yang memberikan pengaruh kepada orang lain agar hormat kepada orang yang berwibawa.

Wibawa terkait kekuasaan. Olehnya itu, orang yang berwibawa sangat mudah berkuasa karena dengan wibawanya orang hormat kepadanya. Rasa hormat itulah yang membuat dia mudah menguasai orang yang menghormatinya.

Wibawa juga terkait dengan tingkah laku, yaitu tingkah laku yang memberikan kesan mampu mengayomi dan melindungi. Itulah sebabnya, orang dengan fisik besar sangat mudah menjadikan dirinya berwibawa.

Cara agar berwibawa

Opini Terkait
1 daripada 168

Saya ingin berwibawa, bagaimana caranya?

Pertama, siapkan diri agar pantas dan siap tampil berwibawa. Caranya buang semua hal negatif dalam hati maupun pikiran, lalu hadirkan hal positif setelah itu. Dengan pikiran positif, maka semua yang ada di depan kita akan dianggap sebagai sahabat, bukan musuh.

Kedua, latih diri dari setiap tingkah laku keseharian agar hal itu menjadi kebiasaan. Beberapa hal yang bisa digunakan sebagai latihan memunculkan kewibawaan, sebagai berikut:

  1. Kurangi bicara. Bicaralah pada hal yang penting dan perlu saja
  2. Saat berbicara, ucapkan perlahan dan mudah dipahami sekaligus dirangkai dengan senyum
  3. Kurangi tertawa, karena ketawa berlebihan akan mudah menghilangkan rasa hormat orang lain dan mudah menimbulkan citra diri yang buruk
  4. Perlihatkan bahwa Anda adalah seorang yang percaya diri (Baca: agar percaya diri)
  5. Fokus, yaitu konsisten pada suatu hal dalam pencapaian
  6. Ketika berjabat tangan dengan seseorang, genggamlah dengan erat
  7. Gunakan kata dan kosakata terbaik saat berbicara. Karena kosakata yang baik sangatlah menawan dan menimbulkan rasa simpatik
  8. Dalam situasi apapun tetap tenang

Ketiga, berdoa. Ulama memberikan gambaran wibawa dan kharisma kepada Nabi Sulaiman as, saat menundukkan Ratu Bulqis dengan kekuasaan dan wibawanya. Terlepas dari hal itu, Nabi Sulaiman as memiliki doa untuk itu.

doa nabi sulaiman
Kaligrafi doa Nabi Sulaiman as

Doa Agar Berwibawa

Innahu min sulaimaana wa innahu bismillahirrohmanirrohim… allaa ta’lu ‘alayya wa’ tuni muslimin

Artinya: “Sesungguhnya surat itu dari SuIaiman dan sesungguhnya isi-Nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (pesanku adalah) janganlah engkau sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (QS. al-Naml 27: 30 – 31)

Doa Nabi Sulaiman as tersebut dijadikan wirid setiap hari. Beberapa catatan menyebutkan, doa itu dibaca sebanyak 33 kali dalam sehari.

Loading...