Mencari Uang di Internet dengan Modal dan Tanpa Modal

Cara Mencari Uang di Internet

Ada beberapa cara mencari uang, dan salah satunya melalui internet. Sebagai pengguna (kasta terendah dunia maya), sebaiknya kita bukan sekedar menjadi penonton di tengah persaingan sengit raksasa internet, tapi berusahalah memanfaatkan hal itu. (Baca: Persaingan di dunia maya)

Mencari uang di internet dengan modal dan tanpa modal, keduanya bisa. Modal yang dimaksud modal duit ya… Ada yang bilang, pasti! Minimal modal kuota untuk mengakses internet. Namun itu bisa diakali. Misal nebeng di hotspot teman. Atau dengan cara yang tak benar dan tak mungkin saya ungkap di sini.

Jadi jika ada pertanyaan, mungkinkah ada cara mencari uang tanpa modal? Saya jawab pasti ada. Kalau di dunia nyata ada, maka di dunia maya juga pasti ada. Bagaimana caranya? Artikel ini akan menyebut hal itu namun penjelasan pada masing-masing item, akan saya bahas pada artikel lain.

Kita mulai dengan cara mencari uang di internet tanpa modal. Saya mulai dengan tanpa modal, karena dengan memahami caranya, ototmatis bagi yang memiliki modal akan sangat mudah mengembangkannya.

Pertama: Mencari uang dengan menjadi publisher

Publisher di dunia internet diartikan sebagai penayang iklan. Anda menjadi publisher berarti Anda menayangkan iklan di tempat yang diijinkan oleh pemilik produk.

Publisher bentuknya beragam, ada yang langsung, ada pula yang melalui pihak ketiga. Publisher langsung yaitu mengiklankan produk dari produsen oleh publisher tanpa perantara. Misalnya: produk susu dari PT A meminta Anda mengiklankan produknya, dan Anda dibayar untuk itu.

Ada juga melalui pihak ketiga dan ini yang umum dilakukan. PT A memproduksi baju. Produknya dipasarkan melalui PT B. PT B mengiklankan di bukalapak, toped, dll. Lalu anda menjadi afiliasi dengan dengan menjualkan produk itu dari PT B atau melalui bukalapak.

Model pihak ketiga biasanya dikelola oleh raksasa internet, Google dan Facebook. Google dengan Google Adsense-nya, dan Facebook dengan Facebook Ads-nya. Jadi, perusahaan besar meminta Google atau Facebook mengiklankan produknya. Nah, Google dan Facebook mengiklankan itu pada publisher. Siapa mereka? Para blogger, penyedia situs yang pengunjungnya sudah ribuan perhari.

Coba buka situs besar, semisal Kompas, Tribun, dll. Mereka adalah situs dengan pengunjung ratusan ribu perhari, maka jangan heran jika halaman web mereka dipenuhi iklan. Anda juga bisa seperti itu, caranya buatlah situs dan jadikan situs itu ramai pengunjung. Setelah itu silahkan mendaftar menjadi pubisher. Jika memenuhi syarat, pasti akan diterima.

Bagi yang punya modal, hal ini gampang. Misal dengan membeli situs yang sudah ramai pengunjung. Situs luar negeri dengan penghasilan 100$ perhari biasanya dibandrol dengan harga kisaran 5000$. Banyak kok dijual. Kontennya diisi oleh orang yang sesuai dengan bidangnya. Anda gaji mereka. Nah, Anda tinggal duduk manis menunggu hasil.

Kedua: Mencari uang dengan menjadi dropshiper

Dropship itu mirip publisher hanya saja, cara mainnya lebih mudah namun harus konsisten. Ringkasannya seperti ini: Anda iklankan produk dari produsen meski ikatan atas itu pada suplier. Umumnya Anda iklankan di media sosial FB, Instagram, WA, dll. Dari situ Anda mendapat keuntungan, entah dari suplier atau keuntungan penjualan dengan menaikan harga modal.

Pembeli akan menganggap itu barang Anda. Misal, dia mengenali Anda jujur, lalu memesan. Pesanan itu Anda teruskan ke suplier tadi. Nanti pihak suplier yang mengirim paketnya ke pembeli tadi. Cara seperti ini biasa disebut dropship.

Cara mendapatkan uang di internet seperti ini praktis tanpa modal. Tugas Anda hanya memposting produk produsen melalui suplier tadi supaya orang tertarik, lalu mereka memesan. Saat mereka memesan, mereka membayar terlebih dahulu, tentu dengan ongkos kirim dan kelebihan harga dari suplier.

Opini Terkait
1 daripada 41

Kongkritnya seperti ini. suplier menjual busana muslimah seharga 200 ribu. Anda menjadi dropshipnya. Lalu iklankan di medsos melalui status atau apalah dengan harga 250 ribu plus ongkir 50 ribu. Datang pemesan (costumer), berminat dan deal. Lalu membayar 300 ribu (250 ribu+50 ribu ongkos kirim). Pesanan itu Anda teruskan ke suplier dengan mengirim alamat pemesan plus uang 250 ribu (Harga produk+ongkos kirim). Setelah itu suplier yang mengirim produknya ke pemesan tadi. (Baca: tips belanja online aman)

Bayangkan jika mencari uang di internet dengan cara seperti ini dan dengan modal yang besar. Anda bisa posting produk dengan Facebook Ads atau Google Ads. Kalau tanpa modal, post Anda hanya dilihat 1000 orang perhari, nah dengan iklan bisa mencapai 1 juta orang yang melihat produk itu sehari. Sejuta yang melihat, tak habis pikir kalau tak ada yang memesan.

Ketiga: Menjadi Youtuber atau Facebook Video Creator

Cara mencari uang di internet melalui Youtube atau Facebook Video Creator, prinsipnya sama dengan publisher, hanya saja tak perlu repot membuat situs, web atau blog. Cukup mengupload video di chanel Youtube atau Facebook Video Creator, dan jadikan chanel itu ramai. Dengan standar tertentu, maka chanel itu akan diterima sebagai publisher.

Bagi publik figur, tokoh, orang terkenal seperti saya hehehe, menjadi Youtuber atau Facebook Video Creator akan menjadi mudah. Video apapun yang diupload akan ditunggu para penggemarnya. Berbeda jika seperti Anda ups….yang ingin mencari uang tanpa modal seperti saya, maka video butuh editan, berarti diperlukan kreasi membuat video yang baik.

Bagi yang punya modal, banyak trik untuk menjadi seorang Youtuber atau Facebook Video Creator. Contoh ringan, belilah TV yang mampu menyimpan seluruh tayangan, harganya kisaran 30 jutaan. Kemudian video hasil simpanan di TV tadi diolah dengan aplikasi editor video pro untuk menghindari copyright. Dan jika tak punya skill untuk itu, bayar orang untuk mengerjakannya.

Jangan salah, sekelas Atta Halilintar dia menjadi Youtuber dengan penghasilan 32 juta perjam. Tak perlu bermimpi seperti itu, ntar ketinggian, mudah jatuh, gedebukkk…

Keempat: Mencari uang dengan menjual jasa

Poin satu sampai tiga sebelumnya, semuanya membutuhkan jasa. Situs yang isinya tulisan membutuhkan jasa penulis. Posting dropship butuh skil conten creator yang the best terutama pada gambar. Para Youtuber atau Facebook Video Creator butuh video berkualitas dari skill creator video, dan sterusnya.

Jika mempunyai skill seperti itu, tinggal memasarkannya. Misal penulis: Anda menjadi penulis dan tulisan Anda dihargai. Jangan salah, tulisan 1000 kata dengan standar Search Engine Optimation yang baik bisa dibeli dengan harga 30 ribu/artikel. Video juga demikan.

Meski tanpa modal, mencari uang di internet dengan menjual jasa membutuhkan dua hal penting, yaitu: kesabaran dan kontinuitas. Harus sabar, karena pemesan terutama pada tahap awal masih minim pengetahuan dan target pasar. Apalagi standar tulisan dan video yang baik itu terbilang tidak mudah. Harus pula kontinu, agar pemesan mendapat kepastian mengenai skill kita.

Nah, lagi-lagi bagi yang punya modal memanfaatkan poin ini. Rata-rata mereka menjadi dropship atas jasa orang lain. Misal: Anda punya keahlian menulis, tapi tak tahu memasarkan di mana jasa itu. Saya punya modal dan tahu pasarnya. Saya beli tulisan itu dengan harga lebih murah. Saya yang pasarkan.

Kelima: Ini kelas berat, yaitu menjadi pembuat aplikasi, web, penyedia hosting, penjual domain, jasa setting server, ebbok, dll.

Untuk poin ini saya tidak bahas terlalu jauh, tapi akan diulas pada artikel yang lain.

Kesimpulan: Mencari uang di internet, sama dengan mencari uang di dunia nyata. Ada banyak cara dan jalan. Intinya, mau, berusaha, laksanakan, dan istiqamah. Ingat eperibadi, yang punya pengetahuan, dia juga punya pintu banyak untuk kehidupannya.

Loading...