Bagaimana Mendapatkan dan Mempertahankan Inspirasi untuk Menulis?

Inspirasi Menulis

Menulis adalah kegiatan bermanfaat. Banget… dengan menulis, hasil karya dalam bentuk tulisan, sedikit banyak pastinya memberi manfaat kepada orang lain. betapa banyak yang bisa ditulis. Kegiatan sehari-hari, hayalan, bahkan mimpi pun bisa diikat dengan tulisan. Seorang teman saya mengumpulkan semua status fb-nya, dan akhirnya menjadi buku.

Saya terkadang berpikir, benar firman Tuhan andai semua air laut dijadikan tinta untuk menulis ilmu pengetahuan, pastilah ilmu pengetahuan itu tak habis untuk dituliskan. Milyaran tulisan bisa didapat di pencarian google, dengan kata kunci tertentu dan topik berbeda. Tips, hasil penelitian, sampai tetek bengek menjadi pengetahuan baru bagi pembaca.

Mungkinkah apa yang saya tahu akan habis jika semuanya dituangkan dalam tulisan, atau mungkinkah tulisan saya kelak akan berulang? Pertanyaan ini terjawab oleh sabda Nabi saw, bahwa ilmu yang diajarkan justru akan bertambah dengan ilmu lain oleh yang Maha Kuasa.

Alasan lumrah sehingga tulisan tidak jadi adalah tidak ada ide, gagasan, atau inspirasi. Seakan “amunisi” telah habis, padahal masalah yang dialami itu juga bisa dikemas menjadi tulisan. Judulnya kira-kira “Aku tak menulis karena tak ada inspirasi.” Jadi, alasan tidak menulis karena tak ada inspirasi kemudian menjadi tulisan. Aneh. Tapi itulah bukti, kalau tak ada inspirasi menulis hanyalah alasan belaka.

Tak bisa dipungkiri, dengan membaca banyak tulisan lain, akhirnya menjadi inspirasi lahirnya sebuah tulisan. Tapi bukan menjadi sebuah keniscayaan, karena bisa-bisa hal itu menjadi alasan baru, “tidak menulis karena malas membaca.”

Banyak kok tulisan lahir dari pengalaman, kejadian, cerita teman, atau apa saja yang menjadi inspirasi lahirnya sebuah tulisan. Kuncinya, jangan simpan inspirasi itu di kepala, karena hanya ingatanlah yang bisa membatasinya lenyap, buyar, dan akhirnya batal menjadi tulisan.

Opini Terkait
1 daripada 304

Inspirasi memang sangat penting dalam melahirkan sebuah tulisan. Lalu bagaimana cara mendapatkan dan mempertahankan inspirasi. Bagi saya secara umum ada dua cara;

Pertama: sering-seringlah membaca. Membaca apa saja, buku, Koran, majalah bekas, bahkan tulisan dari potongan kertas di jalanan ternyata bisa memberikan inspirasi.

Kedua: hubungan sosial. Hubungan sosial bisa mendatangkan inspirasi baik dalam kehidupan nyata maupun maya. Biasakan ngobrol dengan teman, mendengarkan cerita, atau mendengar gosip ibu-ibu lagi cari kutu.

Inspirasi Menulis
Ilustrasi

Mempertahankan inspirasi bagi saya cukup dengan satu cara, yaitu jangan biarkan inspirasi itu terlalu lama dan menjadi bahan di kepala. Segera ungkapan baik melalui tulisan atau ungkapan. Dengan begitu, inspirasi yang dikeluarkan sedapat mungkin menjadi pengetahuan bagi orang lain, dan kita mendapat jatah tambahan Ilmu dari yang Maha Tahu.

Intinya, menulis memang sangat dipengaruhi oleh inspirasi penulis, meskipun menulis bukanlah hanya bergantung ada tidaknya inspirasi. Punya inspirasi kalau tidak dikembangkan menjadi bentuk tulisan dan dipublikasikan, pun akan menjadi sia-sia.

Mari menulis minimal empat alenia.

Komentar
Loading...