Menentukan Arah Kiblat dengan Software dan Media Online

Menentukan Arah Kiblat dengan Software

Jaman sekarang, seakan tiada yang sulit. Hampir semua disediakan, dan salah satu alat pembantu yaitu software. Hal yang dulunya sulit, kini menjadi mudah, seperti halnya penentuan arah kiblat. Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk membantu menemukan arah kiblat secara lebih cepat dan praktis.

Cara menggunakan software yang dimaksud terbilang mudah. Kesulitan umumya pada bahasa, karena kebanyakan menggunakan bahasa Inggris dan Arab. Software-software tersebut antara lain:

Google earth. Google earth merupakan software untuk menentukan posisi suatu tempat di permukaan Bumi. Cara yang ditempuh untuk mendapatkan posisi arah kiblat dengan bantuan google earth adalah:

Opini Terkait
1 daripada 302
  1. Instal software google earth terlebih dahulu
  2. Setelah software siap digunakan, masukkan koordinat tempat yang akan dicari arah kiblatnya (masukkan lintang dan bujur tempat)
  3. Setelah lokasi ditemukan tandai lokasi dengan menu add, placemark dan simpan. Tunggu hingga muncul pada panel place
  4. Masukkan koordinat Ka’bah (Mekkah), lakukan langkah yang sama sampai terlihat pada panel place
  5. Pilih menu tools, ruler dan klik pada Ka’bah sehingga muncul titik dan garis pada Ka’bah yang dapat diarahkan sesuai yang diinginkan
  6. Double klik pada lokasi yang diukur arah kiblatnya yang telah disimpan pada panel place

Setelah itu klik pada lokasi yang telah ditemukan, maka akan muncul sebuah garis yang menghubungkan antara lokasi tersebut dengan Ka’bah. Maka inilah arah kiblatnya

Selain menggunakan google earth, ada software lain yang juga cukup praktis digunakan untuk menentukan arah kiblat dengan memasukkan data tempat yang akan diukur diantaranya Mawaaqit, al-Miqaat. Penggunaannya juga sangat mudah.

Selain itu, ada juga website yang dapat dengan mudah diakses seperti www.qiblalocator.com dan www.maps.google. com. Silahkan, cari posisi kiblat di mana anda berada. Modalnya tentunya jaringan dan akses internet. 🙂

Komentar
Loading...