Mengamankan Akun Facebook dengan https

Ketika anda mengakses internet, paket data yang anda kirim akan berkelana dari satu server ke server lain sebelum mencapai server tujuan. Sangat mudah bagi orang lain untuk melakukan sniffing, mengintip data anda yang lewat karena internet adalah jaringan umum yang bebas dipakai siapa saja. Apa yang sering anda akses di internet?, facebook?

Jika anda seorang facebooker (sebenarnya bukan cuma facebook) sejati, saya sarankan untuk mengamankan akun facebook anda. Banyak pihak yang tidak betanggung jawab, menggunakan facebook sebagai alat kejahatan. Fakta lain para pembobol facebook terkadang melakukan aksinya hanya sekedar mepergunakan akun untuk game.

Berdasarkan beberapa fakta, pembobolan yang sering terjadi adalah disaat pengguna login ke akun facebooknya. Anda yang login menggunakan warnet umum sangat rawan mengalami pencurian akses login, hal ini dikarenakan facebook menerapkan sistem cookies yang menyimpan data-data login anda di kompie.

Ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut, salah satunya dan bagi saya pribadi sangat ampuh, adalah menggunakan https pada URL.

https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443. Sumber

Opini Terkait
1 daripada 304

Saat ini facebook telah menerapkan sistem keamanan yang terenkripsi dengan https yang telah disertifikat SSL (Secure Sockets Layer) yang sangat kecil kemungkinan terjadinya pencurian data login ke facebook.

Untuk menggunakannya ada dua cara. Pertama, anda harus merubah URL facebook yang awalnya , menjadi https://www.facebook.com (dengan huruf s). Tapi cara ini tidak mengakses semua halaman facebook, bila anda membuka halaman lain pada tab baru, URL tersebut akan kembali lagi ke (tanpa huruf s). Kedua, anda menggunakan https secara permanen, caranya:

Login ke akun facebook anda kemudian pilih menu account (akun), pilih account setting (pengaturan akun). Selanjutnya pilih account security (keamanan), selanjutnya klik edit pada secure browsing (jelajah keamanan), centang kotak, kemudian save. Petunjuk detail lihat gambar:

Dengan cara ini anda telah mengaktifkan keamanan (https) secara permanen (lihat pada alamat URL browser anda). Namun, jika menggunakan browser selain mozilla terkadang muncul peringatan sertifikat SSL. tidak usah khawatir, pilih saja get sertificate.

Dengan jalan ini, tingkat keamanan akun anda akan lebih tinggi, bahkan facebook pun menyediakan layanan, jika suatu saat akun anda di hack oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Komentar
Loading...