Mengenal Kotak Hitam (Black Box) Pesawat

Kotak Hitam (Black Box) Pesawat

Black Box atau kotak hitam menjadi barang yang paling banyak dicari jika terjadi kecelakaan pesawat. Akhir-akhir ini, kecelakaan pesawat sudah tidak asing lagi dalam pemberitaan, apalagi sejak jatuhnya pesawat Sukhoi buatan Rusia, menambah berita menyedihkan yang ada di negeri Indonesia tercinta.

Tim SAR, BASARNAS, KNKT, dll, bahkan dua Presiden turut turun tangan. Semua sibuk, mendoakan, mencari tahu, mencari bangkai pesawat, dan mencari jenazah dari penumpang kapal naas ini.

Tim SAR dari dua negara mendapat penghargaan apresiasi dari pemerintah masing-masing, meski kerja mereka sedikit berbeda namun sama-sama sangat penting. Yah, tim SAR dalam negeri sibuk mencari korban, sedangkan tim SAR dari luar negeri sibuk mencari serpihan pesawat dan balck box.

Target kedua seperti yang dikatakan sebelumnya sangat penting. Atas nama kemanusiaan menemukan mayat korban, kemudian menguburkannya secara manusiawi, dan sedikit menjadi obat lara bagi keluarga korban. Lantas, apa pentingnya mencari kotak hitam, dan apa sih kotak hitam itu?

“Kotak hitam”, itulah arti dari “black box”. Black box ada yang berbentuk kotak sesuai namanya, namun ada juga yang berbentuk tabung. Dan yang paling jauh dari arti namanya, ternyata warna black box tidaklah hitam, tapi berwarna oranye.

Ternyata, makna kata black bukan ditujukan kepada fisik dari kotak hitam. Ada sesuatu yang masih samar dan akan diketahui dari hasil rekam jejak penerbangan. Sesuatu yang samar itu kemudian diilustrasikan dengan kata black.

Kotak Hitam (Black Box) Pesawat
Poto Kotak Hitam (Black Box) Pesawat

 

Lalu, kenapa warnanya oranye?. Tujuannya mempermudah penemuan, karena biasanya kotak hitam akan dicari jika terjadi kecelakaan pesawat. Ada kemungkinan kotak hitam akan terpental, tertanam dan sulit ditemukan. Warna oranye yang menyala sedikit banyak mampu mempermudah melihatnya.

Black Box (Kotak hitam) tersebut didesain sedemikian rupa, kemudian dimasukkan dalam kotak baja yang kuat untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat, tahan panas sampai 1000 derajat, bisa merekam suara pilot dan semua data yang diterima dari 8 alat yang berbeda.

Semua data itu bisa dipisah dan menghasilkan data yang akurat tentang penyebab kecelakaan.

Komentar
Loading...