Cara Menjadikan Mandi Sebagai Obat

Mandi sebagai obat
Ilustrasi sumber klikdokter.com

Mandi sebagai Obat. Ada beberapa hal dalam Islam yang mewajibkan mandi. Setelah berhubungan suami istri, mandi setelah mimpi basah, memandikan mayat dan masih banyak hal lain yang wajib mandi. Ada pula mandi hanya di-sunnah-kan saja. Seperti di-sunnah-kan mandi sebelum ke masjid pada hari Jumat, di-sunnah-kan mandi pada subuh hari dll.

Mandi memang suatu hal yang sangat penting. Bahkan dari semua perintah mandi dalam syariat, ternyata di baliknya memiliki manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Sebut saja mandi pada subuh hari, ternyata bisa membuat awet muda dan menguatkan badan. Demikian pula mandi setelah berhubungan suami istri, ternyata mencegah rambut rontok. Mungkin karena itulah dalam aturan mandi itu diwajibkan membasuh seluruh tubuh termasuk rambut.

Mandi menyebabkan tubuh menjadi segar dan bugar. Saya tak bisa membayangkan orang yang malas mandi, seperti konon Raja Louis ke-XIV yang seumur hidupnya hanya mandi 3 kali, sisanya memberikan wangi-wangian yang disemprotkan ke tubuhnya.

Sebuah ajaran tarekat, konon juga melarang pengikutnya mandi bahkan sampai akan dikuburkan. Mayat pengikut ajaran itu langsung dikuburkan tanpa dimandikan.

Bagaimana cara mandi sehingga mandi menjadi obat? Tiap orang tentu berbeda. Orang kampung dengan orang kota, kamar mandi dengan gentong dengan kamar mandi dengan bak besar, kali dengan kolam renang, mandi mengguyur dengan mandi mencebur. Intinya beda tempat beda cara. Beda kondisi akan mempengaruhi cara kita melakukan sesuatu termasuk cara mandi.

Opini saya kali ini, berbagi cara mandi sebagai obat. Hanya butuh kepercayaan ketika melakukannya. Wong gratis kok… percaya atau tidak, setiap saat saya lakukan.

Pertama: siramlah tubuh mulai dari kanan 3 kali, kemudian kiri 3 kali, baru kemudian mengguyur tubuh keseluruhan. Bagi yang mandi di kolam atau kali, cukup dengan mengambil sedikit air dengan telapak tangan dan membasuhkan ke pundak kanan kemudian kiri. Cara ini berkhasiat sebagai obat awet muda… buihhhh

Mandi sebagai obat
Ilustrasi sumber klikdokter.com

Kedua: mandi juga bisa menjadi obat influenza, cuma sayangnya waktu melakukannya di subuh hari, dan bagi saya sangat sulit. Bangunlah di subuh hari sebelum azan subuh dikumandangkan. Saat mengguyur tubuh dari kepala, tepuk-tepuk kepala dengan menggunakan telapak tangan, bersamaan dengan jatuhnya air di kepala.

Ketiga: sebelum mandi dilakukan, jadikanlah air itu sebagai cermin. Air adalah ciptaan Allah yang multifungsi. Kenapa mandi mesti menggunakan air, dll? Ni penjelasannya agak berat nih. Sampai di sini saja, silahkan lakukan, toh tidak merugikan dan gratis. Manfaatnya sangat banyak.

Mandi kadang menjadi ritual rutin biasa, namun siapa sangka mandi juga bisa menjadi obat. Lakukan tiga cara mandi tadi, akan ada sesuatu yang akan berubah dari diri Anda. Percaya saja!

Wallahu A’lam