Menyambut HUT RI, Beberapa Siswa Jenuh

Ternyata libur dalam waktu cukup lama juga menciptakan rasa bosan dan jenuh. Itulah yang dialami sebagian siswa di sekolah saya.

Setelah pemerintah setempat menetapkan bahwa pada bulan Ramadhan, siswa diliburkan untuk menghormati bulan suci, pasca lebaran siswa akhirnya harus menahan rasa haus belajar di kelas masing-masing.

Sudah mafhum, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), siswa dilibatkan aktif dengan berbagai prosesi acara, mulai lomba antar siswa, sampai keterlibatan dalam hari H nantinya. Siswa berbakat sesuai cabang yang dilombakan, dan siswa yang memiliki kemampuan dalam prosesi upacara 17 agustus, dipilih oleh sekolah untuk melakoni peran masing-masing. Lantas bagaimana yang tidak memiliki bakat dan kemampuan? Dari sinilah masalah baru yang muncul dari pelibatan siswa menyambut HUT RI.

Seperti di kampung dan sekitar kampung saya, siswa yang dilibatkan adalah mereka yang dianggap cakap mengikuti even yang dilombakan. Berbakat dalam futsal, mengikuti lomba futsal, berbakat dalam volley mengikuti lomba volley dst.

Opini Terkait
1 daripada 304

Guru tentu tak tinggal diam. Semua melakoni job masing-masing, tentu untuk mencapai target maksimal, dan tersisa-lah mereka, para siswa yang kebetulan belum memiliki keahlian seperti apa yang diperlombakan. Mereka terpaksa melongo, atau hanya menonton setidaknya memberikan support.

Sepertinya ini adalah masalah teknis saja, tapi pun sejatinya mendapatkan perhatian. Siswa akhirnya mengalami kejenuhan dan kebosanan luar biasa. Terbukti akhirnya beberapa dari mereka membuat even dan lomba sendiri bagi komunitas mereka. Dan uniknya, puluhan dari mereka latihan upacara laiknya peserta pengibar bendera tanggal 17 nantinya.

Ilustrasi sumber: sukoharjonews.com

Hal itu tentu layak mendapat apresiasi, namun sekaligus kritik bagi penyelenggara perayaan menyambut HUT RI di setiap daerah. Seyogyanya, perayaan menyambut HUT RI yang melibatkan siswa, tidak hanya dikhususkan kepada mereka yang memiliki talenta sesuai materi lomba.

Perlu dipikirkan cabang lomba yang mengakomodir semua siswa tanbpa terkecuali. Dengan cara ini, maka secara tidak langsung perayaan menyambut HUT RI menjadi pembelajaran bagi mereka.

Komentar
Loading...