Metode Mnemonic dalam Menghapal al-Quran

  • Bagikan
mushaf fatimah

Mnemonic adalah salah satu metode atau teknik yang digunakan untuk meningkatkan penyimpanan data dalam memori kita dan juga supaya kita lebih mudah dalam mengambil informasi yang sudah terekam dalam memori kita.

Mnemonic adalah istilah psikologi sebagai terapi dalam masalah lupa ingatan. Istilah ini diambil dari “Mnemosyne” berarti ibu dari sembilan muse (semacam tokoh pujangga) dalam bidang kesenian dan ilmu pengetahuan.

Metode mnemonic merupakan induk dari berbagai tips mengingat sesuatu. Ada beberap ateknik di dalamnya; seperti teknik loci, teknik kata bergantung, teknik kata kunci, teknik-teknik verbal,dan mengingat nama).

Mnemonic sebagai bagian dari pembahasan psikologi kognitif dapat digunakan dalam menghapalkan al-Quran. Karena ayat al-Quran isinya sangat banyak, hanya sebagian kecil saja kita bisa menggunakan teknik-teknik mnemonik, namun inti dari semuanya adalah jika kita ingin mudah dalam menghapalkannya.

mushaf fatimahMetode mnemonik biasanya lebih kepada memberikan symbol lain terhadap ayat al-Quran yang intinya adalah membantu kita dalam menghapal ayat al-Quran, namun tidaklah cocok jika digunakan untuk menghapal penuh keseluruhan al-Quran, karena menghapal al-Quran tidaklah sekedar dihapalkan saja lalu setelah itu lupa, namun menghapal al-Quran adalah menghapalkannya hingga lancar dan menjaganya agar tetap lancar dengan cara mengulangnya sesering mungkin.

Misalnya kalimat “ya ayyuahalladzina amanu” diberi symbol tertentu untuk membedakan dengan kalimat “ya ayyuhannasu”. Symbol tersebut, pastinya tidak boleh dipermanenkan, karena maknanya bisa berubah. Kesimpulannya metode mnemonic hanya cara dari sekian banyak cara dalam menghapal ayat al-Quran.

Semoga bermanfaat.

  • Bagikan