Mobile Broadband Tomaradeka, Terus Apa Lagi?

Mobile Broadband Tomaradeka

Lomba dengan keyword “Mobile Broadband Tomaradeka,” itulah link pertama menarik perhatianku hari ini.

Mobile broadband, adalah teknologi internet yang menggunakan jaringan komunikasi data yang memungkinkan pengiriman serta penerimaan data dengan kecepatan tinggi, bahkan dengan data yang relatif besar. Sedangkan Tomaradeka, adalah nama situs dari akun komunitas blogger di Sengkang Wajo.

Lomba semi Seo dengan keyword mobile broadband tomaradeka ini, relatif minim dalam pengetahuanku. Hanya teringat kira-kira seminggu lalu, seorang meminta saya untuk merumuskan tema kegiatan yang menyentuh blogger dalam komunitasnya.

Akhirnya lahirlah “Berinteraksi dengan Dunia Maya melalui Tulisan.” Acaranya mutlak pelatihan menulis, menjawab kebutuhan para blogger dalam komunitas hari ini. Rumusan beres, plus materi dan pematerinya.

Tapi apa mau dikata, tanpa tedeng aling-aling, itu berubah dengan alasan sepele. Katanya, sponsor tidak bersedia kecuali pelaksanaanya pada tanggal 3 Februari 2013. Berubahlah acara dari pelatihan menulis, menjadi blogwalking yang kemudian melahirkan lomba semi Seo dengan keyword mobile broadband tomaradeka.

Dari hati yang paling dalam, ada rasa kecewa. Pemateri di cut sepihak, dan bahkan sempat meminta bantuan dibuatkan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk diikutkan lomba katanya. Terus apa hubungannya dengan “Mobile broadband Tomaradeka”, atau apalah namanya?

Opini Terkait
1 daripada 304

Mungkin secara langsung tidak ada. Tapi dengan pengalaman tertipu, semua pasti bisa dihubungkan. Dengan kata kunci mobile broadband tomaradeka pada tulisan peserta, dipastikan akan mengarah ke produk atau perusahaan tertentu, dan so, akan mewarnai mesin pencari, belum lagi permalink link yang dofollow dan mempengaruhi rank pada Alexa.

Sangat sulit mendapat tempat eksklusif dengan mekanisme mesin pencari, olehnya jasa seo menjadi mahal. Banyak trik untuk itu, salah satunya lomba seo, atau semi seo. Dengan hadiah sederhana, dan aturan istimewa, hadirlah sugesti dalam diri peserta, untuk mencoba mengadu nasib atau sekedar membuktikan bahwa “kini aku telah menjadi Blogger”.

Namun hanya sekedar itukah, atau ajian “Mobile broadband Tomaradeka,” bisa menghadirkan sisi lain dari kesulitan sesuap nasi dan sebongkah berlian?

Mobile Broadband Tomaradeka
Ilustrasi Mobile Broadband Tomaradeka

Akhirnya, melalui tulisan ini saya sampaikan pesan makna adab dalam kehidupan sosial. Mobile broadband adalah bagian dari pengembangan teknologi. Dihadirkan untuk inovasi dari sebuah peradaban.

Mobile broadband, tak banyak provider yang mampu hadir dengan “dada membusung” bersama fasilitas ini. Tomaradeka apatah lagi. Kata penggalan dari sebuah filosofi suci mengenai peradaban suatu daerah (Wajo). Mobile broadband Tomaradeka?, silahkan anda memaknai. Salam blogger, dan salam menulis

Komentar
Loading...