Pengertian Domain; Istilah Terkait Domain

Pengertian Domain

Bagi pegiat online, terutama yang sudah berkecimpung dalam dunia blog dan website, ada beberapa istilah yang perlu dikenali, diantaranya; domain.

Apa pengertian domain? Domain dalam bahasa umum berarti wilayah kekuasaan, wewenang, kawasan atau hak. “Ini bukan domain Presiden.” Berarti ini bukan wilayah atau hak wewenang Presiden.

Dalam dunia internet istilah domain akan banyak didapatkan hanya dengan mengetikan “pengertian domain” di pencarian. Wikipedia merilis bahwa domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Untuk lebih mudah memahami, doamain adalah nama yang menunjukan nama server. Domain bisa saja berformat huruf, angka, serta symbol (-). Rangkaian huruf atau angka atau symbol itu, kemudian menjadi alamat url website yang merujuk kepada IP server tempat file web disimpan. Contoh: domain.com domain.org dll.

Nama domain itu merujuk ke alamat IP, misalnya alamat IP-nya 77.165.90.89. dengan mengetikkan 77.165.90.89 di browser sebenarnya kita bisa mengakses situs kita, namun tentu akan sulit. Untuk memudahkan, muncullah domain untuk mudahkan orang mengingat sebuah nama url dibanding deretan deretan angka IP.

Opini Terkait
1 daripada 304

Secara umum, level domain terbagi dua, yaitu Domain Level tinggi atau GTLD (Generic Top Level Domain). Domain ini milik Amerika, namun karena sering digunakan terlihat seperti Domain standard untuk alamat Internet. Yaitu domain dengan akhir com, net, org, info, name, edu, mil, biz, tv, travel, dan xxx. Kedua: ccTLD’s (Country Coded Top Level Domains), yaitu domain yang disediakan utk masing-masing negara. Domain ini diakhiri dengan inisal nama Negara yang dimaksud seperti: Indonesia menggunakan .id, Singapura menggunakan .sg, dan Malaysia menggunakan .my.

Pengertian Domain
Ilustrasi Pengertian Domain

Mengenal pengertian domain lebih jauh, maka kita juga akan mengetahui beberapa istilah terkait domain, yaitu

Pertama; Subdomain. Merupakan bagian dari nama domain. Contoh: lihin.net sub domainya kontak.lihin.net. subdomain kontak bisa diganti sesuka hati.

Kedua Addons Domain, yaitu domain baru yang ditambahkan ke domain utama dalam satu hosting. Misalnya hosting utama: lihin.net, kita dapat menambahkan: gagah.com ke hosting utama tersebut yang disebut addons domain.

Ketiga: Parked domain, yaitu domain yang ditambahkan ke domain utama. Bila pengunjung mengunjungi Park domain ini, tampilannya akan sama dengan domain utama.

Komentar
Loading...