Penjelasan BAB I Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Latar Belakang Masalah menguraikan data dan fakta yang melatar-belakangi munculnya masalah pokok yang akan dikaji dalam penelitian tindakan kelas. Uraian tersebut berisikan tinjauan historis, teoretis, dan faktual mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah pokok, baik berdasarkan hasil-hasil studi yang telah ada sebelumnya maupun berdasarkan pengamatan sendiri. (baca: cara membuat latarbelakang masalah)
Biasanya, sistematika dan logika uraian pada bagian ini menyerupai kerucut/ piramida terbalik, yaitu diawali dengan paragraf-paragraf yang mengulas data dan fakta-fakta yang bersifat umum, lalu menyempit dan mengerucut ke hal-hal yang lebih khusus yang mengantar pemikiran pembaca ke pokok permasalahan yang akan dikaji.
Karena bobot penelitian tindakan kelas lebih simpel dibanding kelas skripsi, tesis dan disertasi, maka ulasan tentang latar belakang masalah untuk penulisan penelitian tindakan kelas, haruslah lebih simpel.
Latar belakang permasalahan juga harus mencerminkan realitas dan aktualitas objek penelitian, mendeskripsikan signifikansi penelitian, dan alasan-alasan pemilihan masalah pokok tersebut.
Identifikasi Masalah. Masalah adalah segala sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan peneliti. Identifikasi masalah merupakan permasalahan yang teridentifikasi dari latarbelakng masalah yang sudah dibuat sebelumnya. Lebih baik jika masalah teridentifikasi dan diungkapkan berkaitan dengan masalah penelitian
Opini Terkait
1 daripada 304
Rumusan Masalah merupakan bagian di mana masalah pokok yang akan dikaji ditegaskan secara konkret dan diformulasikan dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan yang memerlukan jawaban.
Untuk kedalaman pembahasan, permasalahan yang akan dikaji seharusnya dijabarkan hanya ke dalam satu masalah pokok saja. Jika masalah pokok tersebut ternyata mempunyai ruang lingkup yang terlalu luas, maka ia harus dibatasi dengan cara meng-identifikasi, memilih, dan menjelaskan aspek yang lebih khusus dari masalah yang akan diteliti.
Alternatif Pemecahan Masalah merupakan asumsi solutif cara memecahkan masalah seperti yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah sebelumnya. Alternatif pemecahan masalah disyaratkan lebih dari satu, dan salah satunya adalah pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian
Tujuan Penelitian adalah tujuan yang akan dicapai jika penelitian telah selesai dilakukan. Biasanya, tujuan penelitian berdasarkan dari hasil penelitian yang dicapai.
Kegunaan Penelitian merupakan kegunaan dari pelaksanaan dan hasil penelitian. Kegunaan dari hasil biasanya berefek kepada peneliti, guru (selain peneliti), siswa, dan sekolah
Komentar
Loading...