Pentingnya Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pembelajaran Berbasis Multimedia

Kebijakan pemerintah dengan menghilangkan mata pelajaran Informasi dan Teknologi (IT) pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sepertinya sebagai jawaban perkembangan dunia pendidikan dan peserta didik yang semakin hari makin maju.

Siswa yang masih duduk dibangku kelas satu Sekolah Dasar (SD) sudah bisa menggunakan laptop dengan lancar dan otomatis mereka juga merindukan sebuah model pembelajaran intraktif yang berbasisis multimedia.

Pembelajaran berbasisis multimedia merupakan sebuah model pembelajaran yang sudah lama muncul namun sangat jarang digunakan oleh para Guru. Namun sayangnya pembelajaran berbasis multimedia masih jarang digunakan.

Bukan tanpa sebab, karena di beberapa sekolah sudah ada yang sudah menggunakanya namun hanya dalam beberapa mata pelajaran saja misalnya TIK.

Salah satu alasan utama yang membuat para guru malas menggunkan pembelajaran berbasis IT ini karena mereka tidak mau ribet, tidak mau ambil pusing dalam menyiapkan peralatan yang menunjang pembelajaran ini seperti LCD, proyektor, Backsoound dll.

Di sisi lain beberapa kasus di sekolah keeengganan guru memanfaatkan bahkan menggunakan peralatan yang sudah tersedia, karena dua faktor utama, yaitu belum bisa menggunakan alat pembelajaran, dan bisa juga masih ada rasa malas dalam dirinya. Padahal, pemanfaatan sarana multimedia dalam pembelajaran, sangatlah penting.

Beberapa kelebihan yang diperoleh apabila pembelajaran berbasis multimedia digunakan, yaitu; Pertama: Menjawab tantangan perkembangan jaman

Perkembangan jaman akan diikuti oleh berkembangnya pengetahuan dan teknologi. Dalam konteks ini, setiap manusia, mau atau tidak, “dipaksa” mengikuti perkembangan jaman tersebut..

Opini Terkait
1 daripada 97

Era digital akan membentuk manusia digital yang menghabiskan waktunya cukup lama didepan layar, dan sudah seharusnya pembelajaran berbasis multimedia menjadi pasangannya.

 

Kedua: Lebih menarik dan menyenangkan

Bayangkan saja jika ada seorang guru yang mengajar hanya dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, sedangkan di kelas sebelah ada guru yang mengajar dengan kerennya menggunakan LCD, gambar bergerak full animasi, di iringi backsound dan kuis layaknya di acara televisi maka lihat perbedaan respon yang ditimbulkan di dua kelas yang bersebelahan ini. Manakah yang lebih hidup suasananya, dan mana yang terlihat membosankan.

Ketiga: Pengarsipan yang rapi

Tidak bisa dipungkiri jika sebuah dokumen pembelajaran itu sangat penting untuk diabadikan. Jika anda hanya mengandalkan buku dan catatan ketika mengajar tanpa mengarsipkannya dalam sebuah perangkat misalkan Laptop, komputer, flashdisk, hardisk bahkan web pribadi anda maka semuanya tidak akan bertahan lama. Mungkin saja buku anda hilang, terbakar, dll namun jika laptop anda hilang, data masih ada di hardisk dan jika hardisk hilang juga maka data anda masih bisa didapatkan di website pribadi anda sendiri.

Keempat: Lebih simpel

Bagi seorang guru yang belum terbiasa menggunakan pembelajaran berbasis media, akan mengatakan sangat susah dan ribet. Padahal penggunaan pembelajaran berbasis media sangatlah simple, bayangkan saja anda misalnya membuat satu media pembelajaran menggunakan Powerpoint, maka materi ini bisa anda gunakan seterusnya tanpa membawa buku yang banyak hanya flasdisk kecil yang anda kantongi maka pembelajaran sudah bisa dilaksanakan.

Memahami pentingnya pemanfaatan media dalam pembelajaran diharapkan menggugah semangat dan motivasi guru sebagai usaha sadar manusia untuk saling memahami antara satu dengan yang lainnya.

Saatnya Guru harus mampu mengimbangi perkembangan jaman demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Perkembangan Ilmu dan teknologi akan melahirkan manusia yang pintar dan manusia yang pintar membutuhkan wadah pembelajaran yang tidak membosankan.

Loading...