Perbedaan dalam Penetapan 1 Ramadhan, Sikapi dengan Bijak

Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar menyatakan kemungkinan pemerintah akan menetapkan 1 Ramadan pada Rabu 10 Juli.

Sementara Muhammadiyah telah menyatakan bahwa 1 Ramadan tahun ini bertepatan dengan hari Selasa 9 Juli 2013. Sedangkan versi pemerintah, awal puasa sendiri diprediksi akan jatuh pada Rabu 10 Juli 2013.

Ramadan akan diistigmalkan Sabat itu 30 hari. Bisa diprediksi Ramadan nanti jatuh pada tanggal 10 Juli,” kata Nasaruddin Umar, Jumat (5/7) sebagaimana dikutip merdeka.com.

Namun, masih ada mazhab lain yang dipakai di dalam negeri. Seperti ajaran Muhammadiyah yang akan berpuasa pada tanggal 9 Juli.

Opini Terkait
1 daripada 302

“Mereka biasa jika di atas ubud sudah 0,001 derajat saja sudah bisa berpuasa, ini agak berbeda dengan ajaran dunia Islam,” ujarnya.

Dia menjelaskan sistem yang dipakai oleh pemerintah sudah sesuai dengan Alquran dan Hadist. Namun Nasaruddin tetap menghormati segala perbedaan yang ada.

“Tradisi ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Perbedaan ini adalah hal biasa,” tutupnya. (*)

Perbedaan dalam penetapan 1 Ramadhan ini, tentu sebaiknya disikapi dengan bijak. “taatlah kepada Allah, Rasul, dan taatlah kepada “ulil Amri”. Ulil amri ditafsirkan sebagai pemerintah. Keikutsertaan terhadap penetapan 1 Ramadhan adalah salah satu langkah bijak.

Komentar
Loading...