Puasa dalam Tradisi Jawa

Puasa dikenal oleh semua agama, kepercayaan, adat istiadat diseluruh dunia dari zaman pertama kali ada manusia didunia ini hingga sampai sekarang.

Umat Islam Indonesia melaksanakan puasa tersebut dengan kesadaran masing-masing, dengan tujuan yang berbeda-beda. Itu berarti bahwa puasa itu tidak hanya dikenal oleh umat Islam saja tetapi umat sebelum Islam telah mengenal puasa sebagai salah satu pegangan hidup bagi orang yang berpuasa tersebut.

Dalam sebagian masyarakat khususnya di Jawa, puasa tidak semata-mata berkaitan dengan ajaran agama, tetapi juga puasa berfungsi sebagai cara untuk memperoleh kesaktian, seperti kekebalan tubuh, tenun, sihir dan sebagainya. Pada masyarakat Jawa seseorang yang sedang ngelakoni (berupaya mempelajari suatu ilmu kesaktian atau kebatinan).

Puasa dalam tradisi masyarakat Jawa yang dilakukan, biasanya harus menaati pantangan tertentu, seperti tidak melakukan persetubuhan, mengucilkan diri ketempat yang sepi, tidak makan dan minum selama dalam beberapa waktu sesuai dengan ketentuan, bila sedang bertapa dan sebagainya. Jalan yang lain yang ditempuh yaitu dengan jalan puasa yaitu:

Puasa Mutih adalah, puasa ini dilakukan dengan jalan hanya boleh makan nasi putih, tanpa garam dan lauk pauk atau makanan kecil dan lain-lain, serta minumnya juga air putih.

Opini Terkait
1 daripada 304

Puasa Patigeni adalah puasa tidak boleh makan, minum dan tidur serta hanya boleh dikamar saja tanpa disinari cahaya lampu.

Puasa Ngebleng adalah puasa tidak boleh makan dan minum, tidak boleh keluar kamar, boleh keluar sekedar tetapi sekedar buang hajat dan boleh tidur tetapi sebentar saja.

Puasa Ngalong adalah puasa tidak makan dan minum tetapi boleh tidur sebentar saja dan boleh pergi.

Puasa Ngrowot adalah puasa yang tidak boleh makan nasi dan hanya boleh makan buah-buahan atau sayur-sayuran saja.

Dengan melakukan pantangan-pantangan tersebut, orang yang mau melakukan dengan penuh keyakinan, maka orang tersebut akan dapat memperkuat batinnya dan menambah kesaktian yang dimiliknya sesuai dengan niatnya.

Komentar
Loading...