Selamat Jalan BJ Habibie!

BJ Habibie Wafat

0 188

Presiden ketiga RI, Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan BJ Habibie wafat hari ini (11/09/2019). Mantan Presiden ke-3 kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, mangkat setelah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

Sebelumnya, pria yang hanya menjabat Presiden selama satu tahun empat bulan ini mendapat perawatan terbaik dan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. Beliau ditangani oleh tim dokter spesialis terbaik dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Kemarin, keluarga bapak pelopor dirgantara ini semua sudah dipanggil. Anak, keponakan, cucu, semua berkumpul di Rumah sakit. Dan saat itu, tanda bahwa pengganti Presiden Soeharto ini memperlihatkan bahwa beliau sudah akan menginggalkan kita semua.

Kita kehilangan sosok berbeda dengan yang lain. Bj Habibie adalah Presdien paling cerdas bangsa ini sampai detik ini. Hanya enam bulan kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule — Jerman pada 1955. Menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman.

Berbagai proyek, baik secara individu dan afiliasi sudah ditorehkan oleh BJ Habibie. Tidak hanya itu, Habibie juga disebut sebagai pencipta teori terbaru dan karyanya sangat disegani di Jerman. Beberapa rumusan teorinya dikenal dalam dunia pesawat terbang seperti “Habibie Factor”, “Habibie Theorem” dan “Habibie Method”.

Bagi saya, BJ Habibie adalah Presiden terbaik bangsa ini. Sejarah mencatat, meski jabatan beliau sebagai orang nomor satu di dunia ini, banyak hal yang tak bisa dilupakan oleh masyarakat.

***

Seorang dengan pakaian lusuh masuk ke showroom mobil dengan menenteng kantong hitam besar. Para satpam mengikutinya dari belakang sambil berjaga-jaga. Pria lusuh itu berjalan mendekati Recepsionis, kasir atau apalah di bagian depan.

“Bu, berapa harga mobil itu?” sambil menunjuk salah satu mobil yang terpajang mewah di showroom itu.

Mata wanita yang berjaga di bagian depan menyipit seakan tak percaya. Seorang dengan penampilan tak biasa dan sepertinya tak pantas bertanya harga mobil yang tentunya ratusan juta.

“Iya kenapa pak?” staf wanita itu balik bertanya

“Saya mau beli bu. Ini uang saya.” Kata pria itu sambil menaruh kantong hitam besar di depan staf wanita itu. “Kalau kurang, nanti saya tambah. Saya akan membeli dengan tunai.”

Cerita singkat di atas adalah intisari kejadian nyata yang banyak terjadi di era Presiden BJ Habibie. Ya, di jaman beliaulah para petani Kakao dan Cengkeh menikmati hasil kebunnya, dengan kenaikan harga jauh di atas harga sebelumnya. Mertua saya juga mengalami kenikmatan kenaikan harga hasil pertanian pada jaman itu. Bahkan harga itu tidak pernah lagi dijumpai setelah beliau mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

Saat itu, beliau memotong kerakusan para mafia, para pemain, pemangkas harga hasil petani oleh para tengkulak. Sehingga harga dari petani praktis menjadi harga langsung dari produsen pabrik.

Selamat jalan putra terbaik Sulawesi Selatan. Meski ibu beliau keturunan Jawa, namun ayah dan beliau sendiri dilahirkan di Makassar. Besar dalam keluarga dengan nuansa islam taat dan didikan keras, beliau tumbuh menjadi seseorang yang cerdas, keras dan di atas rata-rata teman sepermainan.

Selamat tinggal BJ Habibie sang sosok unik. Tokoh dalam deretan orang cerdas dunia dengan IQ di atas 200. Bersama William James Sidis dengan IQ 300, Kim Ung Yong yang memiliki IQ 210, dan Marilyin Vos Safant memiliki IQ 190, Suami Ainun ini bahkan melampaui IQ Albert Einstein yang hanya memiliki IQ 160.

Komentar
Loading...