Memahami Hal Penting dan Manfaat Kontrak Belajar

Kontrak Belajar

Ilustrasi

Guru profesional adalah guru yang mampu membuat peserta didiknya mengerti dan memahami setiap materi yang disampaikan hal ini tentu sangat sulit untuk dilakukan. Proses belajar yang monoton dengan gaya dan metode yang itu-itu saja akan menimbulkan kejenuhan yang berkepanjangan terhadap siswa.

Salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan kontrak belajar. Kontrak belajar bisa saja berisikan sebuah motivasi, visi dan misi seorang guru dalam menyampaikan materi ajar.

Kontrak belajar dalam proses pembelajaran sangat penting, hal ini merupakan dasar yang harus dilakukan oleh setiap guru sebelum memulai proses belajar mengajar di kelas. Kontrak belajar akan memberikan sebuah langkah yang sistematis dalam memulai pembelajaran, dimana dalam sebuah kontrak yang dibuat oleh guru haruslah memiliki standar-standar yang akan dicapai dan bagaimana mengimplementasikanya.

Definisi kontrak belajar

Kontrak belajar pada intinya adalah kesepakatan antara guru dan peserta didik. Melalui kontrak belajar bagi guru, sebenarnya bisa menjadi sebuah strategi bagaimana penerapan-penerapan model dan metode pembelajaran yang beragam dalam setiap sub materi yang akan kita ajarkan, mulai dari persiapan,perencanaan, pengembangan dan analisa hasil belajar siswa.

Kontrak belajar juga memiliki artian yang sangat fleksibel. Kontrak berarti sebuah usaha menargetkan dengan cara kita sendiri. Misalkan guru memberi target pada mata pelajaran yang kita ajar dengan target nilai minimal. Menetapkan target maka akan muncul sebuah cara pikir bagaimana cara mewujudkan dan dengan teknik apa harus menempuh itu semua, dan satu yang harus anda ingat kita berpacu dengan waktu. Sisi lain dengan memperhatikan kondisi peserta didik.

Hal yang penting dalam kontrak belajar

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam membuat kontrak belajar.

Pertama: Kontrak belajar harus sesuai dengan materi ajar. Hal ini terkadang dilupakan, dan lebih suka menggunakan teknik dan kontrak yang sudah ada tanpa ada niat untuk melakukan modifikasi, dan seleksi. Hal ini tentunya akan merugikan para siswa. Tidak bisa berkembang, padahal setiap tahun persaingan dalam bidang pendidikan semakin meningkat.

Bagi guru sebaiknya mencoba membuat kontrak belajar yang sesuai dengan setiap materi, karena pada dasarnya setiap materi memiliki sub penekanan yang harus dituntaskan.

Kedua: Kontrak belajar harus melibatkan siswa. Penyusunan kontrak belajar yang efektif harus melibatkan andil siswa dalam proses implementasinya. Karena siswa merupakan obyek dari kontrak yang kita buat, cobalah sharing dengan para siswa bagaimana pembelajaran yang mereka inginkan, bagaimana cara mengajar yang mereka sukai.

Dalam hal ini guru harus memiliki kecakapan emosional yang kuat dalam memahami watak siswa. Cara ini kebanyakan bisa dilakukan oleh guru yang sudah lama mengajar di sekolah itu, karena pendekatan emosional mereka semakin lama semakin intens.

Opini Terkait
1 daripada 302

Dengan melihat dua poin terpenting dari kontrak belajar, maka tersirat betapa kontrak belajar sangat dibutuhkan dalam pencapaian mutu pembelajaran yang diinginkan. Banyak manfaat dari kontrak belajar. Kontrak belajar ibaratnya menjadi ruh pembelajaran, tanpa ada kontrak maka proses belajar mengajar tidak memiliki arah yang jelas.

Manfaat Kontrak Belajar

Manfaat kontrak belajar secara rinci sebagai berikut;

Pertama: mempermudah penyampaian materi. Tanpa menggunakan kontrak belajarpun seorang guru sudah bisa menyampaikan materi ajar dengan baik. Kondisi inilah yang membuat kebanyakan para guru enggan memperhatikan kontrak dalam mengajar padahal manfaatnya begitu banyak.

Seorang guru yang menggunakan kontrak belajar akan membentuk sebuah lintasan dengan rel yang tertata rapi inilah yang membedakannya dengan pembelajaran tanpa kontrak yang sudah memiliki jalur namun masih bercabang kemana-mana.

Jika anda menggunakan kontrak belajar maka setiap materi dengan mudah diajarkan dan diterapkan baik dari segi teori dan implementasi, karena dalam kontrak akan tersusun sebuah rangkaian demi rangkaian yang bisa dijadikan pedoman kuat dalam pembelajaran.

ilustrasi kontrak belajar
Ilustrasi

Kedua: Mempermudah dalam penilaian dan evaluasi. Selain mempermudah penyampaian materi kontrak belajar juga memberi manfaat untuk mempermudah dalam penilaian dan evaluasi karena dalam kontrak belajar akan ditemukan setiap materi memiliki cara penilaian masing-masing sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Biasanya dalam proses pembelajaran seorang guru akan melakukan penilaian dan evaluasi dan ini mutlak harus dilakukan.

Pentingnya penilaian dan evaluasi ini membuat kebanyakan tenaga pendidik mengalami kendala, sebenarnya jika dirancang sedari awal melalui kontrak belajar maka semuanya akan berjalan mulus saja. Kontrak belajar yang berisikan materi dan cara penilaian dan bentuk evaluasi yang anda masukan dalam poin-poinnya akan mempermudah dalam penilaian dan evaluasinya.

Jika anda masih bingung maka jangan sungkan untuk bertanya, dengan senang hati saya akan membantu selagi bisa.

Ketiga: Untuk meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan peserta didik umumnya disebabkan rasa minder, karena tidak diberi ruang untuk berekspresi. Dengan kontrak belajar yang disepakati sendiri oleh mereka, hal ini bisa diminimalisir.

Komentar
Loading...