Tips; Cara Menghapal al-Quran Selama 3 Tahun

Cara Menghapal al-Quran

Bagi muslim yang hidup di dunia, menghapal al-Quran tentunya bukanlah aktifitas tunggal. Di tengah aktivitas yang padat, seorang yang berniat menghapal al-Quran harus punya cara jitu agar menghapal al-Quran lebih cepat, bahkan bisa sampai hanya 3 tahun saja. Kalau tidak bisa, satu hari satu ayat juga tidak apa-apa kok.

Menghapal al-Quran 3 tahun? Kenapa lama sekali? Bukankah sekarang sudah banyak metode menghapal al-Quran dengan cepat, bahkan ada yang hanya 20 hari. Ada banyak alasan saya mengenai hal itu. Intinya itu tidak bagus. Bisa baca di sini: hati-hati menghapal instant

Lalu bagaimana cara menghapal al-Quran selama 3 tahun? Pertama, seperti biasa luruskan niat hanya untuk mengharap ridho Allah. Menghapal al-Quran adalah ibadah dan menjadi bagian dari rencana Allah untuk menjaga keotentikan al-Quran. Bagian dari itu, sungguh tak elok jika merusaknya dengan niat duniawi.

Kedua; usahakan menghapal satu halaman satu hari dengan menggunakan mushaf mekkah. Mushaf ini ditandai dengan wakaf di setiap sudut akhir halaman. Jika ini bertahan, maka dalam tempo 20 hari hapalan berjumlah 1 jus. Nah, sisakan 10 hari untuk mencukupkan satu bulan untuk mengulang hapalan. Karena tanpa mengulang, hapalan akan mudah pula hilang. Artinya dalam 10 bulan, jumlah hapalan sebanyak 10 jus. Kembali 2 bulan sisanya, total untuk muraja’ah (mengulang).

Opini Terkait
1 daripada 303
cara menghapal al-Quran 3 tahun
Ilustrasi

Ketiga: satu halaman satu hari tentu bukan pekerjaan yang ringan. Fokuskan hal itu selama 3 tahun, hanya 3 tahun… untuk mencapai target 1 halaman sehari, cukup mengulang ayat per ayat sampai hapal. Jangan pindah dari ayat satu ke ayat lain sebelum lancar. (baca juga: cara menghapal ayat al-Quran yang mirip)

Keempat: capai target hapalan di malam hari, dan ulangi hapalan di subuh hari. Dua waktu ini adalah waktu tenang. Ketenangan sangat penting dan mendukung hapalan ayat al-Quran cepat melekat dalam ingatan.

Bisa?. Insya Allah bisa. Gantung cita-citamu setinggi langit, kalau tidak di langit, minimal di atas peohon kelapa… usahakan menghapal al-Quran selama 3 tahun, kalau tidak mampu minimal sehari satu ayat.

Komentar
Loading...