Tips Melindungi Akun dengan Password Aman

Melindungi Akun dengan Password

Kaget membaca berita hari ini mengenai 22 juta akun Yahoo yang berhasil di bajak. “mudah-mudahan bukan salah satu dari akun kecilku.” Pikirku.

Fenomena aksi peretasan, bajak, hacker, fishing, cracker atau apa saja istilahnya, menunjukan bahwa aksi kejahatan di dunia maya semakin meningkat. Untuk menghindari hal ini, kini banyak sekali situs jejaring sosial, email, atau layanan penyimpanan data cloud memaksa setiap penggunanya untuk memakai password aman dengan indikator kuat dalam setiap aktivasi dan penggunaan akun.

Salah satu trik membobol sebuah akun adalah membobol ID dan password atau melalui kelemahan script, CMS dan fitur yang digunakan dalam sebuah akun. Khusus untuk ID dan password, berikut tips melindungi akun dengan password yang aman.

Pertama: Banyak situs yang menggunakan multiple user saat mendaftar menyarankan menggunakan minimal 8 karakter password, dapat lebih panjang, dan dikembangkan lagi sesuai dengan keinginan pengguna. Yang terpenting pengguna mengingat dengan jelas karakter password yang digunakan. Tak jarang pula sebuah akun seperti forum dan jual beli menyarankan agar password terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Seperti 4ll4hTuh4nkU atau yang lainnya.

Kedua: Dalam membuat password disarankan tidak menggunakan satu karakter saja. Hanya huruf atau hanya angka. Sekarang sudah banyak sekali aplikasi yang mampu membaca password dengan satu karakter dengan mudah. Salah satu tips menggunakan password aman yang biasa digunakan yaitu mengganti karakter huruf dengan angka, misalnya huruf A dengan angka 4 atau huruf O dengan angka 0.

Ketiga: Sebaiknya tidak menggunakan password dari nama pengguna, email pengguna, tahun dan tanggal kelahiran, singkatan, motto, nama tempat, atau hal yang sangat mudah ditebak. Hal ini memudahkan para hacker untuk membajak suatu akun melalui pertanyaaan keamanan dalam penggunaan email misalnya.

Keempat: Sangat berbahaya jika menggunakan password yang sama pada akun berbeda. Misalnya password email J4ng4nAh… juga digunakan sebagai password akun Googel, akun paypal, twitter dan facebook. Hasil penelitian beberapa sekuritas online menyebutkan, banyak kasus peretasan terjadi karena satu pengguna menggunakan satu password pula pada akun banyak dan berbeda.

Kelima: sebaiknya hasing password anda. Mengenkripsi password bagi penggiat online sudah bukan hal baru lagi. Caranya cukup kunjungi situs yang membantu menggenerate password, maka hasil dari generate password itu dipastikan merupakan password aman dan kuat. Karena dengan menggunakan kode hash tingkat kerumitan password semakin kuat. Contoh hasil generat “bismillah” adalah u8BjkH.k0Hffg87t. Selamat mencoba.

1 Komentar
  1. Nyaung Berkata

    Good Articles 🙂

Berikan Komentar

Alamat email bersifat pribadi