Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Bau Mulut Saat Puasa

“Bau mulut saat berpuasa lebih baik dari bau wewangian di sisi Allah swt.” Demikian hadis Nabi saw terkait bau mulut saat puasa.

Hadis tersebut tidak bermakna bahwa Allah swt menyukai bau mulut (tak sedap) baik saat berpuasa atau tidak. Makna hadis itu, Allah begitu menyukai orang berpuasa, sehingga meski bau mulut orang berpuasa berubah menjadi kurang sedap, tapi Allah swt tetap menilai bau itu wangi di sisiNya.

Untuk mengetahui tips mengatasi bau mulut saat berpuasa, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya, tinggal menghilangkan atau minimal meminimalisir penyebab itu. Sesungguhnya, ada banyak penyebab bau mulut. Yang saya akan sebutkan di sini, hanya yang terkait saat puasa saja;

Pertama, bakteri. Mikro-organisme ini biasanya berada di sela gigi, dan lipatan lidah. Bakteri berkembang dan mengeluarkan racun serta bau tak sedap di mulut.

Opini Terkait
1 daripada 46

Orang yang berpuasa, akan kekurangan liur akibat kurangnya cairan saat berpuasa. Salah satu manfaat liur adalah mengoptimalkan enzim yang bisa membuat racun bakteri sirna. Olehnya itu, mengatasi bau mulut saat berpuasa, adalah dengan memperbanyak minum air putih sesudah berbuka sampai saat sahur.

Kedua, Mengkonsumsi Makanan Berbau. Makanan berbau tak sedap akan berdampak tahan lama ketika berpuasa. Ini pun tekait kurangnya air liur yang mengolah rasa itu dalam mulut. Makanan berbau seperti jengkol, pete, bawang merah, bawah putih, sedapat mungkin tidak dikonsumsi saat sahur. Hal ini bisa mengurangi bau mulut siang hari saat puasa.

Ketiga, Rokok. Ini yang sulit bagi banyak orang terutama laki-laki (termasuk saya). Merokok meski menggunakan pipa sedotan pasti menjadi penyebab bau di siang hari saat berpuasa.

bau mulut saat puasaAda banyak cara meminimalisirnya, dan hal ini sering saya lakukan; 1) sikat gigi dengan odol yang memiliki kadar enzim yang tinggi. 2) makan buah dan sayur, 3) menarik nafas panjang melalui hidung berulang saat subuh hari. Khusus untuk poin ini, terkait dengan sirkulasi udara bersih di subuh hari. 4) berhenti merokok. Agar perokok tidak mencak-mencak, kurangi saja, atau tidak merokok saat sahur.

Tips mengatasi bau mulut saat puasa tersbut, pastinya murah meriah, dan yang terpenting sudah teruji (oleh saya). Kalau kagak percaya, nih *huaaaaaahhhhhssss… Hehe

Loading...