Tips Mengembangkan Blog Melalui Tulisan Berkualitas

Cara Mengembangkan Blog

Cara Mengembangkan Blog – Blog berkualitas didefiniskan beragam. Bagi saya simple, blog berkualitas itu yang memiliki banyak pengunjung karena memberi manfaat, menyenangkan dan membuat pengunjung betah.

Tak mudah membuat blog berkualitas dengan definisi itu, perlu beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses mengembangkan Blog

Cara Mengembangkan blog memiliki mekanisme formal dan non-formal. Mekanisme formalnya terkait dengan sistem mesin pencari yang digunakan. Jika konten ingin disukai Google, maka kembangkanlah blog sesuai mekanisme formal Google, dan demikian pula mesin pencari lainnya. Mekanisme non-formalnya terkait skill yang berpengaruh pada konten, kontinuitas, dan keberuntungan.

Cara mengembangkan blog yang saya ungkapkan kali ini saya ramu untuk mekanisme formal dan non-formal di atas dan terfokus hanya pada konten tulisan saja. Mengenai konten sebuah blog, sebenarnya tidak terpaku pada tulisan saja. Namun tulisanlah yang paling mudah. Lalu bagaimana sebuah tulisan disukai banyak orang dan disukai mesin pencari?

Pertama; buatlah tulisan yang unik. Tulisan unik adalah tulisan yang memiliki perbedaan baik secara keseluruhan maupun pada satu lokasi tertentu. Konten blog berupa tulisan unik menampilkan sesuatu yang jarang dijumpai, entah hal itu pernah ada atau memang baru. Perhatikan contoh tulisan unik berikut;

Tulisan biasa; hijab adalah bagian dari pakaian dengan tujuan menutup aurat. Perintah memakai hijab bagi muslimah jelas diungkapkan dalam al-Quran dan sabda nabi saw. Dulu orang memakai jilbab secara sederhan, namun sekarang memakai jilbab sudah dikemas secara modern… dst.

Tulisan unik; hijab adalah bagian dari pakaian dengan tujuan menutup aurat dan etika kesopanan. Perintah memakai hijab bagi muslimah jelas diungkapkan dalam al-Quran dan sabda nabi saw. Sebenarnya ada atau tidak perintah itu, menutup aurat adalah kemestian. Secara rasional makhluk halus seperti kuntilanak saja saat menggoda manusia masih sopan dari sisi pakaian, bahkan salah satu suku pedalaman di Irlandia utara, mewajibkan warganya menutup kepala mirip hijab, apalagi manusia sebagai makhluk paling mulia dan berakal. Dulu orang memakai jilbab secara sederhana, namun sekarang memakai jilbab sudah dikemas secara modern… dst

Kalimat yang saya bold adalah bentuk kalimat yang unik, karena jarang diungkapkan, meski faktanya memang seperti itu. Tulisan tentu akan semakin unik jika hal yang diungkapkan adalah fakta baru, seperti tulisan yang saya underline.

Kedua; Tulisan yang bisa mempengaruhi. Tulisan blog yang berpengaruh salah satunya yang bisa mengajak pembaca. Mengajak pembaca tidak mesti memakai kata ajakan, “mari, ayuk, go” dll. Tulisan mengajak yang berkualitas adalah mengajak pembaca tanpa dia sadari. Ada contoh menarik diutarakan member sebuah forum. Memahamimnya sederhana;

Opini Terkait
1 daripada 41

Contoh kasus: Saya akan membujuk seorang teman laki-laki untuk mendekati atau menjauhi seorang perempuan. Fakta yang ada dan ingin saya sampaikan adalah perempuan itu (1) cantik; (2) janda. Saya bisik-bisik mengatakan, “Eh… ada perempuan cantik…” Maka response umum si teman kira-kira begini, “Ah yang bener, mana?”. Lalu saya melanjutkan, “Tapi janda….” Maka respon teman tadi kira-kira adalah, “Uh, janda kok diceritain, buat kamu saja sana….”. Intinya, dia menolak dan tidak tertarik untuk menelaah informasi yang saya sampaikan.

Tapi ketika saya menyampaikan secara berbeda sejak awal, dengan berbisik, “Eh, ada janda…” Maka response umum si teman kira-kira seperti ini, “Walah… janda kok ditawar-tawarkan.” Lalu saya melanjutkan,” Tapi cantik…” Maka (sambil melotot dan mungkin juga menelan ludah 3-4 kali) si teman tadi langsung nglunjak, “Yang benerr, mana-mana? Rumahnya mana? Umur berapa?”. Intinya, dia tertarik dan ingin tahu lebih lanjut informasi lain dari saya.

Dari kasus tadi mengerti kan maksud tulisan berpengaruh? Ajaklah seseorang melalui tulisan dengan mengungkapkan masalah yang kemungkinan dialami pembaca, lalu ungkapkan solusinya. Itu…

Ketiga: menempatkan Keyword (kata kunci secara normal). Banyak blogger saat mengembangkan blog salah memahami masalah Keyword ini. Keyword dipaksakan dan akhirnya konten tidak alami. Dalam contoh tulisan yang menembak Keyword “kisah muslimah sejati”;

Kisah muslimah sejati Zinnirah yang paling mengenaskan adalah matanya ditusuk dengan besi panas oleh majikannya. Kisah muslimah sejati Zinnirah ini sangat banyak mengandung hikmah yang dapat kita semua petik. Dengan kisah muslimah sejati tadi, kita harus tetap mempertahankan akidah Islam yang kita miliki walaupun penderitaan berat menimpa.

Bandingkan dengan; Zinnirah adalah seorang muslimah sejati. Kisahnya yang paling mengenaskan adalah saat matanya ditusuk dengan besi panas oleh majikannya. Kisah itu menjadi catatan sejarah yang masuk dalam beberapa tulisan mengenai kisah muslimah sejati. Banyak hikmah yang terkandung dari kisah tadi misalnya seorang muslimah yang tetap mempertahankan akidah Islam yang dimiliki walaupun penderitaan berat menimpa.

Cara Mengembangkan Blog
Ilustrasi Cara Mengembangkan Blog

Kira-kira yang enak dibaca yang mana. Dan silahkan uji dua contoh tulisan tadi di blog yang sama dan buktikan di pencarian sebulan berikutnya.

Saya kira cukup tiga saja tips mengembangkan blog melalui konten tulisan kali ini. Semoga tulisan ini menginspirasi dan membawa manfaat bagi Anda. Salam bahagia.

Loading...