Beda dengan yang Lain, Ini Cara Menghilangkan Jerawat Mudah dan Unik!

Menghilangkan Jerawat

Dari sekian banyak remaja yang saya temui, tak lebih dari 10 orang yang tak peduli dengan jerawat. Hampir semua berusaha menghilangkan jerawat yang ada di wajahnya bagaimana pun caranya.

Memang, usia remaja adalah masa yang rentan terkena jerawat. Terlepas bahwa jerawat dianggap sebagai penyakit, ternyata ada hubungan munculnya jerawat dengan perubahan hormon. Nenek saya di kampung menuduh saya terlalu banyak menghayalkan cewek, dulu sewaktu jerawat juga menyerang wajahku.

Tak ada waktu mengira-ngira kala itu, padahal secara medis, penyebab jerawat bisa karena produksi minyak berlebih, sel kulit yang banyak mati, bakteri, atau karena salah dalam pemakaian obat-obatan (baca: cantik alami tanpa make-up).

Saya hanya ingat, segala macam cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat, mulai dari medis, sampai mistik. Ha? iyah, karena jerawat bagi seorang remaja, seperti musibah besar dan menjadi penghalang utama kebutuhan seorang remaja, yaitu kepercayaan diri.

Karena jerawat membuat wajah terlihat buruk, padahal tidak. Karena jerawat tangan seakan tergerak otomatis mendarat di wajah hanya sekedar mencolek bintik, benjolan menjijikan tanpa tahu tujuannya apa, tanpa peduli berada di mana.

Tak sulit bagi Anda mencari tips menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Berselancar di internet, banyak artikel membahas hal itu. Anda ke dokter, konsultasi, atau bisa juga bertanya kepada mereka yang pernah menderita akibat dampak dari jerawat ini.

Dengan asumsi pengalaman inilah yang saya akan tuangkan dalam bentuk opini sederhana tips menghilangkan jerawat. Satu hal, tips ini saya garansi unik.

Cara mengatasi sebuah masalah, maka carilah penyebabnya. Cara menghilangkan jerawat, maka carilah sebabnya.

Sebelumnya telah disebutkan penyebab jerawat; karena produksi minyak berlebihan pada kulit wajah, maka penangkalnya tentu obat agar produksi minyak pada kulit berkurang, misalnya kurangi makanan berminyak, memakai pelembab, dan lain-lain. Ini metode ilmiah yang paling baku mengatasi jerawat.

Tips yang akan saya bagikan, akan sedikit berbeda dari tips menghilangkan jerawat pada umumnya. Dalam pikiran saya, buat apa memberikan Anda tips, kalau hal itu sudah banyak diulas oleh spesialis masing-masing.

Anda boleh percaya boleh tidak dengan cara saya menghilangkan jerawat. Saya bukan dokter, tapi saya punya pengalaman menghilangkan jerawat, padahal kulit saya tergolong kulit berminyak.

Opini Terkait
1 daripada 304

Pertama, perbaiki istinja’. Istinja’ dalam bahasa gaul disebut cebok, yaitu membersihkan kotoran dengan tangan atau tissu sehabis buang air besar. Siapa sangka, banyak remaja menyepelekan hal ini. Istinja’ seadanya, tanpa memerhatikan cara istinja’ yang benar.

Islam sudah memberikan tuntunan istinja’ yang benar, “jangan berhenti sebelum terasa keset”. Guru saya mengajarkan, bukti bahwa istinja’ sudah benar, ketika kita sudah tidak ragu lagi menjilat kembali tangan yang dipakai melakukan hal itu. Terdengar jorok, tapi itulah tuntunan.

Apa hubungan istinja’ dengan menghilangkan jerawat? Lama saya mencari, sampai saya menemukan, bahwa mayoritas sumber penyakit berasal dari perut. Kalau kulit berminyak disebabkan oleh makanan, maka asal mulanya dari perut. Kalau kesalahan penggunaan obat, bisa juga diantisipasi melalui normalisasi darah yang bersumber dari perut.

Istinja’ dengan benar membersihkan perut dari penyakit. Istinja’ dengan benar akan memancing sisa tinja yang masih belum keluar. Istinja’ berfungsi membersihkan seluruh tubuh termasuk wajah, apalagi jerawat dan sumber munculnya jerawat. So ?

Kedua, bersihkan wajah secara berkala dengan air se-natural mungkin, atau dengan air se-alami mungkin. Cara ini tentu mengantisipasi serangan eksternal, seperti penyebab jerawat karena bakteri, atau penyebab jerawat karena obat-obatan (baca: manfaat air dalam interaksi sosial).

Air yang paling alami adalah air yang tidak tersentuh oleh olah tangan manusia. Tak sulit mendapatkannya. Air pegunungan, jauh sekali. Air embun?

Biasakan bangun di pagi hari, cari air embun, ambil setetes dua tetes, basuhkan pada muka yang terkena jerawat itu. Air hujan juga demikian. Orang tua dahulu, menyimpan air hujan dalam gentong, dan itulah yang saya gunakan setiap akan tidur dan saat baru bangun.

cara menghilangkan jerawat
Ilustrasi

Dua tips menghilangkan jerawat yang saya ulas akan terdengar sepele bagi Anda yang telah melanglangbuana mencari cara menghilangkan jerawat. Namun akan bermanfaat bagi yang belum berhasil menemukan cara yang tepat untuk itu.

Semudah itu? Saya jawab semua tergantung niat. Tips menghilangkan jerawat ala saya, tidak sulit, gratis, dan mudah dilakukan.

Satu hal penting, jangan sama sekali terlalu sering menyentuh jerawat yang sudah ada, selain dikhawatirkan tangan yang tidak steril, juga memancing pertumbuhan jerawat dan penyebarannya pada muka.

Komentar
Loading...