Trik Menghadapi Ujian CPNS Terbaru!

Cara Ujian CPNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS), siapa sih yang tidak merindukan amanah ini. Jaminan penghasilan, tunjangan, dan pensiun, adalah tiga dari alasan orang ingin menjadi Abdi negara bernama PNS. Sayangnya, untuk menjadi PNS, tidak mudah. Ada beberapa fase yang harus dilalui. Fase pertama adalah menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Fase ini juga terdiri dari bebrapa step yang mendahului, mulai dari proses pendaftaran, ujian, dan pemberkasan.

Tahun ini pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS. Bagi yang berminat tentu harus melalui step by step prosesnya; mendaftar melalui SSCN, Ujian CPNS, dan mempersiapkan diri jika lulus ujian CPNS nantinya.

Saya asumsikan, proses pendaftaran sudah dilalui dan berhasil. Saatnya memikirkan bagaimana menghadapi ujian agar lulus menjadi CPNS, dan selanjutnya menjadi PNS. Sebelum itu, harap pahami dulu apa yang akan dihadapi saat Ujian CPNS nanti.

Ada beberapa poin perubahan yang berbeda dengan proses penerimaan CPNS yang lalu;

Pertama, Peraturan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019, bahwa nilai ambang batas peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD, yakni 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan TWK.

Kedua, jumlah soal tetap sama 100 nomor. Soal TKP dan TIU 35 nomor, soal TWK 30 nomor. Berbeda saat 2018 lalu, TKP sebanyak 35 nomor, TIU sebanyak 30 nomor, dan TWK sebanyak 35 nomor.

Ketiga, dari sisi penilaian untuk materi soal TIU dan TWK saat Passing Grade untuk SKB. Apabila peserta menjawab benar mendapat nilai 5, dan apabila salah atau tidak menjawab mendapat nilai 0. Sementara, untuk penilaian materi soal TKP, jika peserta menjawab soal, nantinya akan mendapatkan nilai terendah 1 dan nilai tertinggi 5, namun jika tidak menjawab akan mendapat nilai 0.

Tiga poin ini sangat penting untuk merumuskan trik menjawab soal saat ujian CPNS baik SKD maupun SKB jika lolos passing grade nantinya.

Cara menghadapi ujian CPNS ini, saya bagi menjadi dua bagian; sebelum dan saat ujian

Trik Sebelum ujian CPNS

Pertama; yakinkan dalam diri bahwa niat saya bukan untuk mencari makan, tidak menganggap hanya PNS-lah pekerjaan satu-satunya di dunia ini. Aneh kan? Tapi ketahuilah, dengan keyakinan ini, akan melahirkan upaya yang tulus dalam diri, meningkatkan rasa kepasrahan dan bisa merasakan keterbatasan manusia. Dari keyakinan ini pula mudah melahirkan rasa ikhlas dan tawakkal kepada Maha Pencipta.

Kedua; jika ada pilihan, maka pilihlah jumlah formasi yang diterima tidak banyak dan tidak sedikit, yang sedang-sedang saja. Alasannya sederhana, jika formasi yang dibuka di instansi A jumlahnya banyak, maka peluang nya besar. Namun semua orang akan mencari formasi yang peluangnya besar dan berbondong-bondong ke sana. Akhirnya, yang peluangnya besar, menjadi kecil.

Sebaliknya, jika formasi yang dibuka di instansi A sedikit, maka peluangnya juga kecil, karena yang diterima memang sedikit. Olehnya itu, pilihlah yang sedang-sedang saja. Misalnya, kabupaten A menerima perawat 22, maka peluang besar, dan orang akan menyerbu ke sana. Kabupaten B hanya menerima 1. Kabupaten C akan menerima 3. Maka pilihlah kabupaten C.

Ketiga, pelajari materi ujian dengan maksimal dan tepat sasaran. Ini klise, tapi perhatikan kata maksimal dan tepat sasaran. Banyak dari kita, mungkin termasuk saya mengklaim diri telah maksimal belajar padahal ternyata belum. Bangunlah tengah malam, tahajjud, lalu belajarlah.

Tepat sasaran maksudnya, materi apa yang akan dipelajari. Kemenpan sudah merilis kisi-kisi soal ujian CPNS nantinya, bedah, filter, dan kuasai.

Ketiga; Rajinlah mencari informasi ke BKPSDM tempat Anda mendaftar menjadi CPNS. Kapan, di mana, menggunakan apa, bagaimana ujian CPNS itu. Pertanyaan ini harus terjawab dengan jawaban yang kredibel, bukan hoax! Secara umum dan lebih luas, cek website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Keempat, Berdoa. Kedengaran biasa. Tapi hanya orang sombong yang tidak berdoa. Doa adalah senjata orang beriman. Lakukanlah doa sejak pertama kali berniat menjadi abdi Negara, dan seterusnya sampai pengumuman.

Maksimalkan doa dengan meminta pertolongan orang tua, orang beriman, orang lemah, guru, ulama, karena doa mereka diijabah oleh yang Maha Kuasa.

Trik saat ujian CPNS

Opini Terkait
1 daripada 47

Sebagai disclaimer, trik ujian CPNS ini dirangkum dan dianalisa dari Peraturan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2019, pengalaman pribadi dan orang lain, serta diskusi dengan teman-teman yang membidangi masalah ini.

Pertama, mulailah dari soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Umumnya, soal kepribadian akan berada di bagian akhir soal.

Kenapa soal TKP berada di bagian akhir dan harus mulai dari sana? Saat peserta ujian sudah letih menjawab soal TWK dan TIU, maka akan sulit menjawab soal TKP dengan benar. Soal TKP membutuhkan ketenangan, kejernihan hati dan pikiran. Jika soal TKP dikerjakan lebih awal, maka kondisi peserta ujian masih tergolong normal, pikiran dan tenaga masih stabil.

Alasan kedua, nilai standar yang dinyatakan lulus dari jawaban dari soal TKP, lebih tinggi dibanding dengan kompetensi lainnya. Olehnya itu, energi harus diporsir lebih banyak dibanding kompetensi lain untuk mencapai target nilai itu.

Bagaimana menjawab soal TKP? Hal yang terpenting adalah, jawablah soal seakan Anda adalah seorang PNS. Maksudnya gunakan kepribadian PNS, bukan kepribadian sebagai seorang demonstran, kepribadian ustad, atau kepribadian anak mami.

Pribadi PNS itu 1) pelayanan publik, 2) orangnya sosial, 3) tidak gaptek (IT), 4) profesional, 5) bekerjasama dengan sekerja, 6) integritas, 7) keratif, 8) inovatif, dan 9) adaptif.

Contoh soal:

Atasan malas masuk kantor. Apa yang harus saya lakukan? Jawaban A, B, C, D, dan E? Perhatikan pilihan dari 9 kepribadian PNS yang di-bold tadi. Jawaban yang paling tinggi nilainya adalah yang paling banyak mengandung unsur kepribadian PNS. Kalau anda menggunakan kepribadian ustad, maka Anda akan mencari kata neraka pada jawaban, dan itu pasti jawaban yang keliru!

Kedua, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Kalau merasa sulit, lanjut ke soal berikutnya. Asal jangan lanjut melulu, itu artinya tidak belajar hehehe.

Jika soalnya bentuknya soal cerita, baca pertanyaan dulu baru baca ceritanya. Karena setelah membaca pertanyaan, maka sisa mencari poin yang ditanyakan pada cerita. Waktu akan lebih efektif.

Ketiga, pembagian waktu yang tepat. Perhitungkan baik-baik, 90 menit untuk 100 soal. Artinya, satu soal harus selesai kurang dari satu menit. Bagi waktunya seperti ini, 40 menit untuk TKP, 35 menit untuk soal TIU. 15 menit untuk TWK.

Kenapa banyak waktu untuk TKP dan TIU, sedikit waktu untuk TWK? Begini, soal TWK lebih condong kepada kemampuan menghapal, bukan analisa.

Contoh? Berapa pasal dalam UU nomor 32? Kalau anda sudah hapal, tak butuh waktu lama menjawabnya. Jawaban juga tak perlu dipikir-pikir, karena jawabannya pasti. Kalau Anda tidak hapal, jangan buang waktu di soal ini.

Beda dengan TKP dan TIU, pertanyaan membutuhkan penalaran, analisa, kemampuan silogisme dan logika, dan semua itu butuh waktu lebih.

Keempat, jika kehabisan waktu tapi masih ada nomor yang belum terjawab dan Anda tidak tahu sama sekali, maka pilihlah jawaban dari jawaban yang paling kurang. Misal, 100 nomor soal, jawaban A ada 19, B 21, C 20, D 20, E hanya 10. Masih ada 10 nomor tidak terjawab, waktu sudah hampir habis. Maka jawablah 10 soal yang belum terjawab dalam hal ini E dengan cara pukul rata. E, pilih E semua, JANGAN DIACAK.

Alasannya, pertama, biasanya jumlah jawaban akan seimbang, atau paling tidak beda tipis. Kedua, jika pukul rata, maka ada kemungkinan 1, atau bahkan semua jawaban benar. Beda jika memilih jawaban acak, maka ada kemungkinan salah semua.

Oke, teman-teman semua. Demikian trik menghadapi ujian CPNS yang dijamin. Dijamin apanya? Dijamin manfaatnya!

Ada ratusan ribu pendaftar, berbanding jauh dengan jumlah pelamar. Persaingan sangat ketat, dan trik menghadapi ujian CPNS semoga bisa membantu Anda lulus.

Siapa mereka yang lulus? Mereka yang lulus adalah mereka yang dianggap baik oleh Tuhan jika menjadi PNS, karena semua yang diberikan Tuhan adalah yang terbaik bagi hambaNya. Anda pasti lulus CPNS, jika itu terbaik bagi Anda!

Bagikan trik ini ke teman-teman Anda yang melamar CPNS. Semoga menjadi amal baik buat Anda!

Loading...